Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 28 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Pengguna Internet Makin Massif, Abdul Mu'ti Serukan Hijrah Mindset dalam Berdakwah

tim langit 7 Selasa, 19 Maret 2024 - 22:00 WIB
Pengguna Internet Makin Massif, Abdul Mu'ti Serukan Hijrah Mindset dalam Berdakwah
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Muti.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat Indonesia telah terdigitalisasi oleh internet. Saat ini pengguna internet sudah semakin massif, bahkan diramalkan Smith dalam bukunya Living in The Digital Age bahwa di 2025 jumlah manusia yang terkoneksi dengan internet sebesar 75%.

Melihat fenomena tersebut, Mu’ti mengatakan, Muhammadiyah harus melakukan hijrah mindset dalam berdakwah.

“Muhammadiyah harus banyak membuat platform dan punya kreatifitas menerjemahkan berbagai isu-isu besar menjadi isu yang menarik,” jelas Mu’ti dalam Pengajian Ramadan 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Jakarta .

Baca juga:Ahli Gizi Unair Ungkap Keunggulan Nutrisi dalam Minyak Makan Merah

Setelah mengubah mindset, Mu’ti juga menyarankan agar Muhammadiyah mengubah kultur dalam berdakwah.

“Oleh karena itu kalau kita tidak mengubah kultur dakwah kita, ada kemungkinan Muhammadiyah akan mengalami 3D, yakni degradasi, delusi, dan disrupsi,”ungkap Mu’ti.

Guna mengatasi persoalan tersebut Mu’ti berharap kader-kader Muhammadiyah dapat terus konsisten mempromosikan paham agama Muhammadiyah dengan argumen-argumen ilmiah. Selain itu, Mu’ti juga mengatakan agar dai-dai Muhammadiyah harus ada diversifikasi.



“Intinya kultur dakwah kita ini harus berubah. Kita ini harus paham bahwa masyarakat kita ini berubah dan itulah mengapa Allah SWT mengutus Rasul-Rasulnya bi lisani qoumihi, agar para Rasul jika menyampaikan pesan-pesan dakwah Islam itu sesuai dengan tingkat intelektual, budaya, dan karakter umatnya,” jelas Mu’ti.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 28 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan