Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

6 Makanan dan Minuman Tepat untuk Berbuka Puasa Tanpa Ganggu Pencernaan

esti setiyowati Sabtu, 23 Maret 2024 - 05:00 WIB
6 Makanan dan Minuman Tepat untuk Berbuka Puasa Tanpa Ganggu Pencernaan
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Waktu berbuka puasa seringkali dipenuhi keinginan untuk menyantap aneka makanan dan minuman. Setelah lebih dari 12 jam berpuasa, setiap orang tentu ingin memanjakan lidahnya dengan berbagai jenis takjil.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan keseimbangan gizi dari hidangan yang akan dimakan. Hindari untuk kalap dalam mengonsumsi makanan berbuka puasa tanpa mempedulikan nutrisi yang ada di dalamnya.

Lalu, makanan dan minuman apa saja yang baik untuk disantap saat berbuka puasa?

Melansir laman Health, Jumat (22/3/2024), saat berbuka puasa mulailah dengan mengonsumsi makanan yang lembut dan tidak makan berlebihan.

Baca juga:Tips Ciptakan Raga Segar dan Jiwa Tenang Selama Ramadhan ala Fitness Trainer

Konsumsi dalam porsi kecil agar lebih mudah dicerna dan tidak membebani sistem pencernaan Anda. Hindari berbuka puasa dengan makanan yang tinggi lemak, gula, atau serat yang sulit dicerna tubuh dan dapat menyebabkan kembung juga rasa tidak nyaman.

Konsumsi makanan padat nutrisi yang mudah dicerna dan mengandung sedikit protein serta lemak sehat untuk berbuka puasa.

Berikut beberapa contoh makanan yang bisa Anda konsumsi untuk berbuka puasa.

1. Smoothie

Minuman campuran bisa menjadi cara lembut untuk memasukkan nutrisi ke tubuh Anda, karena mengandung lebih sedikit serat dibandingkan buah dan sayuran mentah utuh.



2. Buah kering

Kurma adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang sering digunakan untuk berbuka puasa di Arab Saudi. Selain kurma, Anda juga bisa memakan aprikot dan kismis yang memiliki kandungan sama.

3. Sup

Hidangkan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang mudah dicerna seperti sup lentil, tahu, atau pasta. Hindari sup yang dibuat dengan krim kental atau sayuran mentah berserat tinggi dalam jumlah banyak.

4. Sayuran

Sayuran yang dimasak, lembut, dan bertepung seperti kentang bisa menjadi pilihan makanan yang baik saat berbuka puasa.

5. Makanan fermentasi

Anda bisa mencoba berbuka puasa dengan yogurt atau kefir tanpa pemanis.

6. Lemak sehat

Makanan seperti telur atau alpukat bisa menjadi makanan pertama yang enak disantap setelah puasa.

Berbuka puasa dengan makanan sehat dapat membantu mengisi kembali nutrisi dan elektrolit penting. Cara ini juga bisa menjaga pola makan Anda setelah usai berpuasa.

Setelah Anda menoleransi makanan yang lebih lembut, tambahkan makanan sehat lainnya – seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, unggas, dan ikan – dan kembali makan secara normal.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan