Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Sosok Ning Umi Laila, Pendakwah Muda yang Dikenal Lucu dan Bersuara Merdu

esti setiyowati Jum'at, 19 April 2024 - 06:00 WIB
Sosok Ning Umi Laila, Pendakwah Muda yang Dikenal Lucu dan Bersuara Merdu
Profil Ning Umi Laila banyak dicari publik lantaran video ceramahnya dinilai menyindir sosok raja dangdut, Rhoma Irama.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Profil Ning Umi Laila mendadak banyak dicari publik lantaran video ceramahnya yang viral. Dalam video viral tersebut, pemilik nama lengkap Umi Lailatul Rahmah ini dinilai menyindir sosok raja dangdut, Rhoma Irama.

Ning Umi Laila dikenal sebagai pendakwah muda yang kerap menyisipkan guyonan dalam ceramahnya sebagaimana yang khas dalam tradisi dakwah NU.

Salah satu pendakwah generasi muda Nahdlatul Ulama (NU) ini aktif berdakwah melalui media sosial. Tak heran bila konten-konten ceramahnya menarik hati netizen khususnya anak-anak muda.

Baca juga:Ning Umi Laila: Bullying Terjadi Karena Kurangnya Keteladanan Orang Tua

Ning Umi Laila disukai karena gaya dakwahnya yang ringan dan mudah dicerna generasi muda. Selain itu, ia juga memiliki suara merdu dan kerap melantunkan shalawat dan nyanyian religi dalam setiap dakwahnya.

Alumni Pondok Pesantren Sunan Kalijogo, Surabaya ini meneruskan amanah mendiang ayahnya, KH Edy Rahmatullah yang seorang pendakwah dan semasa hidup aktif berkegiatan di Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Surabaya semasa hidup, dengan mengasuh ponpes Rahmatullah.

Kemerduan suara Ning Umi Laila menjadikannya sebagai salah satu official artis yang dikelola oleh Banjar Hero Multimedia dengan akun YouTube Mas Owdy.

Saluran YouTube ini banyak menayangkan konten salawat Ning Umi Laila yang telah ditonton ribuan kali. Senandungnya berjudul Robbi Lahul Asmaul Husna adalah yang paling populer di channel ini.

Baca juga:Kumpulan Doa Agar Hati Tenang Ketika Mengalami Post Holiday Blues

Gaya dakwahnya yang riang menjadikan konten Ning Umi Laila di TikTok sering FYP dan diunggah ulang para penggemar. Akunnya “lailaarrahmah88” memiliki pengikut sebanyak 2,4 juta dan kontennya-kontennya telah menghimpun 18,8 juta likes.

Meski konten-konten dakwahnya yang diselipi guyonan banyak disukai, namun tak sedikit juga yang mencibir.

“Padahal humor adalah bagian dari retorika dakwah,” kata Laila dikutip podcast TV9 Nusantara.

Belajar Dakwah dari Sang Ayah

Ning Umi Laila mengaku mulai belajar berdakwah sejak duduk di bangku SMA. Ia banyak belajar dari sang ayah dan rutin mengikuti safari dakwah. Dari sini Ning Laila mulai belajar bagaimana berdakwah dan menyampaikan ajaran Islam secara menyenangkan.

Saat kuliah di Universitas Negeri Sunan Ampel (UINSA) Ning Umi Laila mulai mempelajari bahwa dakwah pun bisa disampaikan lewat kemasan humor yang membuat orang tertarik mendengarkan.

Menurutnya, dakwah dengan diselipi candaan, guyonan dapat membuat jamaah menjadi senang, tidak bosan, dan tidak mengantuk.

“Kulo niku (Saya itu) ternyata baru tahu pas masuk kuliah ada mata kuliah namanya ilmu dakwah, di situ ada retorika, oh ternyata humor tidak mengapa dimasukkan, karena orang mendengarkan dakwah senang, tidak bosan, tidak ngantuk,” katanya.

Dia pun menekankan gaya dakwahnya yang lucu hanya bertujuan untuk membuat jamaah betah mendengarkan ajaran-ajaran Islam. Sehingga jamaah datang dan pulang dengan riang gembira.

"Ya Allah kulo mboten niat nopo-nopo. Niat kepengen wong-wong seneng ngelegakno hati (Ya Allah, saya itu tidak ada niat apa-apa. Niatnya ingin membuah jamaah senang melegakan hati). Dapat ilmunya dan dapat bahagianya. Mungkin komentar yang kaya gitu jadi titik terberat,” tekannya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan