Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Bedah Bariatrik Paling Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

tim langit 7 Rabu, 08 Mei 2024 - 06:00 WIB
Bedah Bariatrik Paling Ampuh untuk Turunkan Berat Badan
Ahli bedah digestif dari National Hospital dr. Iwan Kristian.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Bedah bariatrik semakin populer di kalangan masyarakat. Bedah bariatrik ini adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mengobati obesitas alias kelebihan berat badan. Saat ini, operasi potong lambung ini dianggap paling ampuh untuk menurunkan berat badan.

"Operasi bariatrik merupakan serangkaian prosedur bedah yang bertujuan untuk mengurangi berat badan dengan mengubah struktur sistem pencernaan atau kapasitas lambung," ujar ahli bedah digestif dari National Hospital dr. Iwan Kristian, Selasa (7/5/2024).

Menurutnya, metode dilakukan dalam operasi bariatrik ini meliputi gastrik sleeve, yakni menghapus sebagian lambung untuk mengurangi kapasitas makanan. Kemudian bypass lambung, yakni membuat perubahan pada saluran pencernaan untuk mengurangi penyerapan nutrisi dan kalori.

Baca juga:Pentingnya Bersihkan Wajah Sebelum Tidur, Kurangi Potensi Jerawat hingga Kerutan

Ada juga pemasangan banding lambung dengan menempatkan benda berbentuk cincin di sekitar bagian atas lambung sebagai pembatas porsi makan. "Pada tindakan ini (bariatrik) lambung pasien akan dipotong 80 persen dan hanya disisakan 20 saja," terangnya.

Iwan mengungkapkan, cara ini paling efektif untuk menurunkan berat badan hingga 40 persen. Apakah berisiko? Menurutnya, operasi adalah operasi. Baik operasi besar maupun kecil membawa efek samping atau risiko.

"Konsekuensi dari operasi ini bisa berupa pendarahan, bocor hingga pasien mengalami kurang gizi (risiko jangka panjang)," paparnya.

Karenanya, bariatrik hanya akan ditujukan kepada pasien morbid obesity. Dengan kategori BMI lebih dari 40 atau obesitas kelas 3, kemudian bisa juga bagi orang dengan obesitas kelas 1 dan 2 namun memiliki penyakit.

Dokter yang mengoperasi juga harus berpengalaman untuk menghindari risiko apalagi operasi pada pasien obesitas memiliki risiko tinggi.

Iwan juga menyampaikan, kendati metode ini paling efektif namun pasien berpotensi untuk gemuk lagi jika tidak mematuhi petunjuk dokter.

"Pasien yang potong lambung tidak langsung kita iyakan. Ada diskusi dan pemeriksaan ke dokter jantung dan lain-lain untuk mempelajari riwayat kesehatan penyebab kegemukan," ujarnya.

Opersi hanya dilakukan pada pasien yang mempunyai komitmen tinggi untuk jaga makan dan disiplin.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan