Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home masjid detail berita

5 Keutamaan Baca Surah Yasin, Dosa-Dosa Diampuni hingga Dimudahkan Urusan

esti setiyowati Rabu, 26 Juni 2024 - 19:00 WIB
5 Keutamaan Baca Surah Yasin, Dosa-Dosa Diampuni hingga Dimudahkan Urusan
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Surah Yasin disebut juga sebagai jantung Al-Qur'an. Dari Anas radhiyallahu anhu mengatakan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wassallam pernah bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunya kalbu (inti) dan kalbu Al-Qur'an adalah surat Yasin.

Sementara menurut Al Ghazali, surah Yasin dinamakan jantung Al-Qur'an karena inti uraiannya berkisar tentang keimanan yang baru dapat dinilai benar dengan pengakuan terhadap Hari Akhir.

Terdapat banyak hadits yang menyebut keutamaan membaca surah Yasin. Berikut beberapa keutamaan membaca surah Yasin seperti disebutkan dalam hadits:

1. Dosa-dosa diampuni

Dalam buku "Tafsir Ibnu Katsir - Surah Yasin" disebutkan kemuliaan membaca surah Yasin terutama pada malam hari dapat melunturkan dosa-dosa.

Al-Hafiz Abu Ya'la mencatat bahwa Abu Hurairah telah berkata, "Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barang siapa membacakan Ya Sin pada malam hari, maka setelah bangun waktu subuh ia diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT, dan siapa pun membacakan Ha Mim di mana Ad-Dukhan (Asap) disebutkan, maka setelah bangun waktu subuh ia diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT."

Baca juga:Hati Hati Dengan Ipar, Rasululloh Sampai Bilang Ipar Itu Maut loh

2. Sakaratul maut dipermudah

Hadist ini dari Ma'qil bin Yasar, dia berkata: Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Bacakanlah surah Yasin pada orang yang hampir mati di antara kalian." (HR Abu Daud, Ibnu Majah, An-Nasa'i dalam Amal Al-Yaum wa Al-Lailah. Kata Ibnu Hajar dalam Bulugh Al-Maram hadits ini dianggap shahih oleh Ibnu Hibban).

Hadits ini serupa dengan anjuran Rasulullah SAW untuk mentalqin orang-orang yang mati dengan kalimat 'La ilaha illallah'.

Surah Yasin yang dibacakan untuk orang yang tengah menghadapi ajalnya dimaksudkan untuk memohon agar rahmat dan berkah diturunkan baginya. Ini juga dimaksudkan agar rohnya keluar dengan mudah.

Dalam surah Yasin menyebutkan tentang tauhid, akhirat, berita gembira berupa surga bagi ahli tauhid.

"Dikatakan (kepadanya), 'Masuklah ke surga!'Ia berkata: 'Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui, apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan." (QS Yasin 26–27).

Menurut Ibnu Qayyim, ayat-ayat dalam surat Yasin itu membuat ruh menjadi gembira sehingga mayit akan menyukai perjumpaan dengan Allah sebagaimana Allah pun menyukai perjumpaan dengannya.

3. Dikabulkan permintaan

Di masyarakat Indonesia, membaca Surah Yasin saat malam Jumat sudah menjadi tradisi dan kultur yang mendarah daging. Umumnya surah Yasin dibaca setelah Maghrib atau Isya.

Meski tak memiliki hari khusus untuk dibaca, namun membaca Surah Yasin pada malam Jumat terdapat dalam salah satu hadits.

. من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

4. Mendapatkan ketenangan

Membaca kalam Ilahi memiliki keutamaan memberikan ketenangan jiwa, termasuk mendengarkannya. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Isra ayat 82.

نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

5. Urusan dipermudah

Sebagian ulama ada yang berpendapat dengan membaca surah Yasin akan memudahkan segala urusan.

“Ibnu Abbas berkata (diriwayatkan), barangsiapa yang membaca surah Yasin ketika berada di waktu pagi niscaya diberikan kepadanya kemudahan hari itu hingga ia berada di waktu sore, dan barangsiapa yang membacanya pada awal malam niscaya diberikan kepadanya kemudahan malam itu hingga ia berada di waktu pagi” [H.R. ad-Darimi No. 3285]

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan