Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Kemenkes Bantah Hubungi Rektor Unair untuk Pecat Prof Budi Santoso dari Dekan FK

tim langit 7 Kamis, 04 Juli 2024 - 11:10 WIB
Kemenkes Bantah Hubungi Rektor Unair untuk Pecat Prof Budi Santoso dari Dekan FK
Suasana gedung Fakultas Kedokteran Unair di Kampus A Jalan Dharmawangsa, Surabaya.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) terus bergulir. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah tudingan telah menghubungi Rektor Unair Prof Mohammad Nasih untuk memberhentikan Prof Budi Santoso.

"Informasi yang mengatakan bahwa Menteri Kesehatan mengontak Rektor Universitas Airlangga untu meminta memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) merupakan fitnah dan hoaks," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, Kamis (4/7/2024).

Dia juga mengklarifikasi beberapa hal menyangkut pemecatan Prof Budi Santoso. Ditegaskan, Kemenkes tidak membawahi Unair dan tidak memiliki wewenang mengatur Unair.

Syahril juga menyebut tentang program naturalisasi dokter asing, seolah-olah Kemenkes akan mendatangkan 6.000 dokter asing. Kabar tersebut hoaks juga.

Baca juga:Dekan FK Unair Dipecat Karena Tolak Dokter Asing, Ksatria Airlangga Bergerak

"Dokter asing yang dihadirkan Kemenkes dan mendapatkan publikasi luas adalah tim dari Arab Saudi yang bertugas di RS Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, untuk melakukan operasi jantung kompleks untuk menyelamatkan nyawa 30 anak warga Sumatera Utara secara gratis," imbuhnya.

"Kegiatan tersebut merupakan tindakan operasi jantung untuk anak yang pertama kali dilakukan di Pulau Sumatera," lanjutnya.

Syahril melanjutkan, selama ini anak yang mengalami gangguan jantung kompleks selalu dirujuk ke Jakarta, sehingga memberatkan keluarga secara finansial. "Ini dikarenakan memang dokter spesialisnya tidak tersedia di sana," terang Syahril.

Di kesempatan itu, Syahril pun menyampaikan bahwa Kemenkes menyesalkan beberapa rekan sejawat, terutama di kota besar di Jawa, yang memprotes kehadiran tim dokter dari Arab Saudi tersebut, padahal mereka hadir untuk menyelamatkan nyawa manusia, nyawa anak-anak Indonesia.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan