Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home global news detail berita

Fadli Zon Didaulat Jadi Dewan Penasehat Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina

tim langit 7 Kamis, 11 Juli 2024 - 20:57 WIB
Fadli Zon Didaulat Jadi Dewan Penasehat Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina
LANGIT7.ID-Kuala Lumpur; Di tengah berbagai kecaman dan tekanan dunia internasional atas tindakan keji genosida Zionis Israel yang dilakukan di Palestina, sangat disayangkan masih banyak negara di dunia yang masih belum mengakui kemerdekaan Palestina.

"Palestina berhak sebagai negara merdeka, dan berhak menempati wilayahnya sendiri. Tapi sampai kini masih diduduki secara illegal oleh Zionis Israel," ujar Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI.

Menurut dia, telah nampak jelas berbagai pelanggaran hukum internasional yang dilakukan para penjajah Israel yang secara sengaja membunuh masyarakat sipil, utamanya wanita dan anak-anak secara brutal demi mencapai tujuan utama yakni menguasai seluruh wilayah Palestina. Aksi genosida Israel atas warga Palestina, katanya, membuka mata dunia bahwa kebiadaban dan kekejaman ala Nazi masih ada hingga sekarang.

Fadli Zon Didaulat Jadi Dewan Penasehat Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina

Fadli Zon, yang juga sebagai Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Al-Quds dan Palestina menegaskan komitmennya sebagai perwakilan parlemen global di forum tersebut untuk menggalang dukungan parlemen, utamanya di tingkat regional yaitu Asia Tenggara melalui berbagai upaya lobi dan diplomasi parlemen.

Hal ini disampaikan Fadli Zon yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, dalam pertemuan dengan Parlemen Malaysia yang dipimpin Syed Ibrahim (Ketua Kaukus Parlemen Myanmar untuk Palestina) di Gedung Parlemen Malaysia (11/07).

Ia juga menyatakan dukungan atas pembentukan “Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina” yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi parlemen Asia Tenggara dalam mengoptimalkan upaya diplomasi melalui lobi, kampanye, dan dialog untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Fadli Zon didaulat sebagai Penasehat dalam Forum ini mewakili organisasi parlemen dunia untuk Palestina sekaligus DPR RI.

“Menggalang dukungan internasional untuk kemerdekaan Palestina bukan hanya tanggungjawab moral kita sebagai parlemen yang mewakili suara masyarakat, namun juga menjadi sebuah keharusan sebagai wujud nyata memperjuangkan keadilan dan perdamaian dunia," ujarnya.

Fadli Zon Didaulat Jadi Dewan Penasehat Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina
Ia menambahkan, "saya menyerukan agar parlemen Asia Tenggara dapat bersatu dalam mendukung Palestina menjadi anggota tetap PBB dan mendapat pengakuan internasional sebagai bangsa yang merdeka."

BKSAP DPR RI yang merupakan focal point pelaksanaan diplomasi parlemen DPR RI senantiasa terlibat aktif dalam berbagai upaya memperjuangkan kemerdekaan Palestina di forum internasional dan regional seperti Inter-Parliamentary Union (IPU), Asian Parliamentary Assembly (APA), dan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), dan mendesak agar negara-negara yang selama ini berada di belakang Israel untuk menghentikan berbagai praktek standar ganda.

Apa yang dilakukan itu, menurut Fadli, jelas sebuah praktik kemunafikan karena telah mendukung Zionis Israel melakukan penjajahan di tanah Palestina yang jelas-jelas bertentangan dengan Piagam PBB.,(*)

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan