Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 17 September 2024
home global news detail berita

Beredar Seruan Aksi Anti-Imigran di Inggris Malam Nanti, Warga Diminta Waspada

lusi mahgriefie Rabu, 07 Agustus 2024 - 11:23 WIB
Beredar Seruan Aksi Anti-Imigran di Inggris Malam Nanti, Warga Diminta Waspada
Beredar seruan aksi anti-Imigran di Inggris malam nanti.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Hingga kini aksi long march dengan isu Islamophobia masih terus menggema seantero Inggris. Sebuah pesan berantai berisi seruan aksi beredar melalui Whatsapp. Demi keselamatan, warga terutama muslim diminta menghindari area alun-alun kota.

Pesan beratai itu berupa ajakan serta daftar kapan dan dimana aksi anti-imigran maupun anti-muslim akan digelar di sejumlah kota di Inggris.

Meski hingga kini belum dipastikan kebenarannya, namun imbauan untuk tidak keluar rumah telah disampaikan di sejumlah masjid, sejak Jumat pekan lalu. Kemudian imbauan ini pun menyebar melalui media sosial.

“Memang pertama kali muncul pengumuman kewaspadaan pas sholat jumat minggu kemarin itu,” ujar Melyza Perdana, mahasiswa PhD di Nottingham kepada Langit7, Rabu (7/8/2024).

Baca juga:Kerusuhan Massal di Inggris, Nottingham dalam Kondisi Aman

Imbauan tersebut muncul satu hari sebelum ajakan long march pertama kali di Nottingham tersebar, lanjut Mel, sapaan akrabnya.

Bisa dilihat dalam “broadcast” itu sebuah kalimat provokatif tertera. “Aksi pemuda di Rabu malam. Mereka tidak akan berhenti datang sampai anda memberitahu mereka. Tidak ada imigrasi lagi.”

Selain itu tertera kota mana saja yang menjadi tujuan aksi seperti Birmingham, Liverpool, Lincoln, New Castle, Nottingham, Brighton, Bristol, Oxford, dan masih banyak lagi. Sementara area yang menjadi tujuan aksi tersebut, kebanyakan di tempat-tempat pelayanan imigrasi dan penampungan para imigran.

Seperti diberitakan sebelumnya, terjadi kerusuhan massal di Inggris sejak beberapa hari belakangan. Hal ini dipicu oleh kebencian dan misinformasi terkait insiden penusukan dengan korban jiwa tiga anak perempuan di Southport, Inggris pekan lalu.

Ketika kerusuhan terus berkecamuk di Inggris, hotel-hotel yang menampung pencari suaka dibakar oleh agitator sayap kanan.

Hotel Holiday Inn Express di Tamworth, di Inggris utara, dibakar. Para perusuh juga berkumpul di dekat hotel Holiday Inn Express yang dulunya menampung para pencari suaka di Rotherham. Kedua kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu lalu melansir aljazeera.com, Selasa 6 Juli kemarin.

Protes yang dipimpin oleh kelompok sayap kanan telah meningkat menjadi bentrokan dengan polisi di beberapa kota, ketika gelombang kerusuhan, yang dipicu oleh xenofobia dan informasi yang salah seputar pembunuhan tragis tiga anak perempuan dalam insiden penikaman, melanda seluruh negeri. Sekira 400 orang telah ditangkap.

“Saya jamin Anda akan menyesal mengambil bagian dalam kekacauan ini, baik secara langsung atau mereka yang menyebabkan kekacauan ini secara online,” kata Perdana Menteri Keir Starmer dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Minggu.

Dia menyebut kerusuhan tersebut sebagai “premanisme ilegal terorganisir” yang dilakukan oleh minoritas warga Inggris.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 17 September 2024
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
11:51
Ashar
15:03
Maghrib
17:53
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan