Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 17 September 2024
home masjid detail berita

Gereja Berusia 200 Tahun di Inggris Bakal Diubah Jadi Masjid

esti setiyowati Jum'at, 23 Agustus 2024 - 04:00 WIB
Gereja Berusia 200 Tahun di Inggris Bakal Diubah Jadi Masjid
Gereja St John Halley, Inggris berdiri sejak 1788 akan diubah menjadi masjid.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dewan Kota Stoke-on-Trent, Inggris menyetujui perubahan penggunaan Gereja St John di Halley, yang terdaftar pada Kelas II* menjadi masjid. Sebelumnya bangunan ini direncanakan untuk perubahan internal gereja, namun akhirnya dibatalkan.

Gereja St John yang berdiri sejak tahun 1788 ini sudah tidak digunakan sebagai tempat ibadah sejak tahun 1980-an. Terakhir gereja ini digunakan sebagai pusat barang antik dan kafe, yang kemudian tutup pada tahun 2020.

Organisasi di balik proyek ini, Zamir Foundation, menyambut baik keputusan dewan tersebut sebagai tonggak penting bagi masyarakat lokal.

“Perkembangan ini merupakan langkah positif menuju peningkatan layanan masyarakat dan mendorong inklusivitas di Hanley,” kata juru bicara Zabi Zamir pada BBC, dikutip Kamis (22/8/2024)

Rencana untuk gereja yang diubah fungsinya mencakup museum, perpustakaan multi-agama, dan pusat kebugaran khusus wanita. Namun, laporan dewan mencatat bahwa Gereja Inggris masih memiliki kepentingan hukum atas bangunan tersebut, yang berarti Yayasan Zamir perlu mendapatkan akta perubahan.

Tanggapan masyarakat terhadap rencana tersebut beragam, dengan 34 orang menyatakan dukungan dan 28 orang menolak. Beberapa komentar tidak dipublikasikan karena isinya yang menghasut atau diskriminatif, menurut laporan petugas perencanaan.

Bekas gereja tersebut baru-baru ini menjadi pusat bentrokan dengan kekerasan di Hanley, ketika dua kelompok pengunjuk rasa saling berhadapan di Town Road.

Zamir membahas misinformasi online yang berkontribusi terhadap ketegangan ini, termasuk klaim palsu tentang kuburan di Gereja St John yang diganggu selama pekerjaan renovasi musim panas lalu.

Petugas dewan tidak menemukan bukti yang mendukung klaim ini selama kunjungan lapangan.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 17 September 2024
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
11:51
Ashar
15:03
Maghrib
17:53
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan