Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

Tips Memulai Usaha Budi Daya Cacing Tanah

mahmuda attar hussein Selasa, 30 November 2021 - 20:15 WIB
Tips Memulai Usaha Budi Daya Cacing Tanah
Budidaya cacing tanah. Foto: YouTube CapCapung
skyscraper (Desktop - langit7.id)
Langit7, Jakarta - Cacing tanah memiliki sederet manfaat, seperti pengobatan hingga pakan ternak. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi, yakni sekitar 64-76 persen membuatnya menjadi pilihan untuk kebutuhan pakan dan pangan.

Biasanya, cacing tanah yang sering dibudi dayakan berjenis lumbricus rubellus. Berdasarkan penelusuran Langit7.id di berbagai marketplace, cacing limbricus biasa dipasarkan dengan kisaran harga Rp50-70 ribu per kilogram dalam bentuk basah.

Baca juga: Diminati Masyarakat, Begini Tips Usaha Kue Jajanan Pasar

Hal itu menjadikan prospek bisnis cacing tanah cukup menjanjikan. Bagi Sahabat Langit7 yang tertarik untuk menjadi pebudi daya cacing tanah, berikut tipsnya.

Persiapan lahan

Sahabat Langit7 memerlukan lahan sebagai tempat meletakkan wadah budi daya. Biasanya wadah ini berbentuk kotak dengan ukuran ketinggian 5 cm sampai 10 cm.

Tempatkan wadah pada tempat yang teduh, terlindung dari sinar matahari langsung. Perhatikan tempat meletakkan wadah sebagai media ternak ini agar tetap memiliki kelembaban yang terjaga.

Baca juga: Jangan Asal-asalan, Simak 7 Tips Pilih Jasa Tukang Bangunan yang Tepat
Hal itu diperlukan guna menjaga tekstur tanah agar tidak kering dan mencegah nutrisi di dalam tanah tidak rusak. Selain itu, media ini juga bisa diletakkan dengan bentuk bertingkat agar hemat lahan.

Bibit cacing tanah

Bibit ini bisa didapatkan di banyak tempat dengan harga per kilo Rp50-70 ribu untuk jenis cacing limbricus rubellus.

Dari tiap 1 kilogram bibit cacing tanah bisa menghasilkan sekitar 3-4 kilogram sampai masa panen tiba.

Masa panen 45 hari

Setelah menyediakan lahan dan bibit, Sahabat Langit7 tinggal menunggu masa panen dari cacing tanah yang memakan waktu 45 hari. Tentunya selama waktu menunggu itu ada beberapa tahapan perawatan yang perlu dilakukan.

Baca juga: Tips Liburan Akhir Tahun di Masa Pandemi

Di antaranya menjaga ketersediaan pakan bagi cacing tanah. Sahabat Langit7 tidak perlu repot dalam pemberian pakan, karena cacing tanah biasa memakan makanan yang berasal dari limbah dapur rumah tangga.

Untuk memamennya, pindahkan wadah ke tempat yang terkena sinar matahari langsung. Cacing yang memiliki sifat tidak tahan panas akan muncul ke permukaan tanah.

Dengan begitu, Sahabat Langit7 bisa dengan mudah mengambilnya. Selain itu, penjualan cacing bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan kerjasama dengan distributor.

(zul)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan