Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Viral, Tutorial Tawar Es Tebu jadi Rp500 Ribu Saat PPKM

Dwitisya Rizky Desindatika Kamis, 22 Juli 2021 - 17:17 WIB
Viral, Tutorial Tawar Es Tebu jadi Rp500 Ribu Saat PPKM
Ilustrasi es tebu. Foto: Istimewa
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - Sebuah video berjudul 'tutorial cara nawar harga ke pedagang kecil saat PPKM ala Mat Peci' mendadak viral di sosial media, di tengah pro dan kontra pelaksanaan PPKM Darurat.

Pengunggah sekaligus perekam video yang tayang 18 Juli 2021 tersebut menghampiri seorang pedagang es tebu yang duduk di bawah pohon. Penjual tampak termenung menunggu pembeli sambil menjajakkan dagangnya.

Setelah es selesai dibuat, pembeli bertanya kepada ibu penjual es berapa harga satu porsi es nya, kemudian menawarnya. Alih-alih ditawar murah, dagangannya ditawar dengan harga yang semakin tinggi, dan akhirnya pembeli memberi uang yang jumlahnya berkali-kali lipat dari harga es tebu yang dijual.

Pelaku dalam video itu adalah Tiktoker sekaligus Youtuber Mat Peci beserta dua istrinya. Di awal video yang viral melalui akun Tiktok @matpeciii, harga es tebu yang berawal Rp5 ribu, ditawar naik jadi Rp100 ribu, tawar-menawar pun berlangsung hingga Mat Peci dan istri-istrinya memberikan uang senilai Rp500 ribu pada sang penjual.

Sempat tak percaya. suara ibu penjual es tebu itu bergetar sambil keheranan. Perlahan air matanya mengalir saat diberi uang oleh Youtuber asal Cikampek yang dikenal dermawan ini.

Saat Mat Peci pergi, masih terlihat dalam video si ibu terduduk di balik gerobak dagangannya sambil menangis haru atas rejeki tak terduga hari itu. Dari video juga diketahui, ibu tersebut baru menjual 4 gelas air tebu dari pagi hinga sore.
Viral, Tutorial Tawar Es Tebu jadi Rp500 Ribu Saat PPKM

Video dengan durasi 1 menit 3 detik itu sudah ditonton sebanyak 153 ribu kali. Sebagian besar komentar menyatakan keharuannya, banyak juga yang memuji dan berterima kasih atas perhatian kepada orang-orang yang justru sangat berdampak secara ekonomi dari pemberlakuan PPKM Darurat ini.

Mengutip wawancara Mat Peci dengan Insertlive, Mat Peci dan kedua istrinya menceritakan alasan di balik aksi mereka yang viral tersebut.

"Jadi aku sama istri-istri tuh spontan, jadi pas ngelewat kita jalan terus aku haus pengen minum," kata Mat Peci, Rabu (21/7/2021).

"Lihat itu di bawah pohon ada seorang perempuan duduk ngelamun, di depannya ada gerobak es tebu udah lusuh," sambungnya.

Mat Peci menyebut ingin membantu sambil tetap menghargai jualannya yaitu dengan membeli.

"Akhirnya kita beli terus mereka punya ide menawar tapi harga lebih tinggi," beber Mat Peci.

Tidak hanya di video viral ini, ia mengaku sering melakukan hal serupa kepada pedagang kecil lainnya dengan membayar lebih dari harga yang dijual. Misal membeli bakso seharga Rp10 ribu, lalu dibayar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Bukan untuk niat macam-macam, mereka mengaku ingin berbuat baik tanpa harus merendahkan orang lain.

"Tapi karena pengen ngasih kita tetep beli, kita ngehargai jualannya dan orangnya juga," tukasnya.

(arp)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan