alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Begini Efek Hunian yang Penghuninya Sering Membaca Alquran
Fifiyanti Abdurahman Senin, 10 Januari 2022 - 14:12 WIB
Begini Efek Hunian yang Penghuninya Sering Membaca Alquran
Ilustrasi interior desain yang menggunakan dekorasi kaligrafi Arab di dalamnya. Foto: Pinterest
LANGIT7.ID - , Jakarta - Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang memiliki banyak manfaat bagi mereka yang rutin membaca dan mengamalkannya. Ustadz Abdullah Zaen mengatakan Al-Qu'ran tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tapi juga dapat berefek pada benda mati.

"Al-Qur'an itu bukan hanya memberikan efek kepada kita manusia sebagai mahluk hidup, tapi Al-Qur'an juga memberikan efek kepada benda mati," katanya dilansir dari youtube channel Yufid.TV-Pengajian & Ceramah Islam, Senin (10/1/22), ketika menyampaikan ceramah bertajuk Efek Dahsyat Al-Qur'an Terhadap Rumah.

Baca juga: Miliki Beragam Makna, Ini Ayat-ayat Tentang Syirik dalam Alquran

Menurut dia, banyak orang yang sering melupakan ini, menganggap hanya mahluk berakal yang mendapatkan manfaat dari Al-Qur'an.

"Ini yang kadang-kadang sering dilupakan, dipikir hanya berefek kepada orang-orang atau mahluk-mahluk yang punya akal. Ternyata, Al-Quran juga berefek kepada benda-benda mati contohnya adalah rumah," ucapnya.

Ustadz Zaen mengatakan, diisyaratkan dalam wejangan Abu Hurairah RA, salah satu sahabat Nabi SAW menjelaskan ada empat manfaat bagi rumah yang dibacakan Al-Qur'an.

"Rumah yang sering dibacakan Al-Quran, akan mendapatkan empat manfaat. Pertama, akan terasa luas bagi penghuninya. Kedua, akan dihadiri dan akan dipenuhi oleh para malaikat. Ketiga, setan akan pergi meninggalkan rumah tersebut. Keempat, akan banyak kebaikan dalam rumah tersebut," imbuhnya.

"Sebaliknya, rumah yang tidak dibacakan Al-Quran, satu, akan terasa sempit bagi penghuninya. Dua, akan ditinggal oleh malaikat. Tiga, akan dihadiri oleh setan. Empat, akan sedikit kebaikannya," tambahnya.

Kemudian, Ustadz Zaen mengatakan banyak orang merasa tidak nyaman di rumah, padahal memiliki hunian yang bagus. Hal tersebut dikarenakan rumah tersebut jarang dibacakan Al-Qur'an.

"Lihat bagaimana efek Al-Quran kepada rumah kita. Banyak orang merasa tidak nyaman tinggal di rumah, tidak betah di rumah, padahal rumahnya bagus, rumahnya mewah, harganya saja Rp38 Milyar. Tapi apakah orang yang tinggal di dalamnya nyaman? Tergantung, belum tentu rumah yang sempit itu juga nyaman. Tergantung apakah sering dibacakan al-Quran atau tidak? Yang paling tidak enak itu, sudah rumahnya sempit, tidak dibacakan al-Quran pula," imbuhnya.

Ia lalu mengatakan, salah satu faktor yang mempengaruhi rumah terasa nyaman yakni perasaan kita.

"Jadi Al-Quran itu membuat efek rumah terasa luas, walaupun mungkin rumahnya itu kecil, perasaan luas atau sempit itukan salah satu yang berpengaruh adalah faktor perasaan. Ketika orang merasa nyaman, walaupun sempit diakan terasa luas. Nah, perasan itu kan di hati. Hati itu yang menguasai Allah, sehingga orang-orang yang hidupnya berada dirumah-rumah yang mungkin sangat sederhana. Ketika dia rajin membaca Al-Quran, maka rumah itu akan terasa luas, tidak terasa sumpek," jelasnya.

Baca juga: Bacalah Alquran, Kelak Ia akan Jadi Syafaat di Hari Akhir

"Apalagi jika rumah-rumah itu didatangi oleh malaikat dan malaikat itu rata-rata membawa kebaikan. Asyiknya lagi setan-setan akan menyingkir," tambahnya.

Terkait banyaknya orang yang tidak membaca Al-Qur'an namun hanya menempelkan di dinding rumah, Ustadz Zaen mengatakan hal tersebut bukan mengusir setan tetapi malah mendatangkannya.

"Al-Qur'an dibacakan, bukan ditempelkan di dinding rumah. Ada sebagian orang mau mengusir setan, ayat kursinya ditempelkan pada setiap kamar. Tujuannya agar setan tidak betah. Ya, tergantung kamu baca tidak ayat kursi itu? Kalau ditempelkan ayat kursi, kemudian yang disetel dangdut, sama saja. Harusnya dibacakan Al-Qur'an. Sehingga betul-betul akan pergi," katanya.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.