alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Rumah Bau Apek dan Jamur? Cari Tahu dan Obati dari Sumbernya
Fifiyanti Abdurahman Selasa, 11 Januari 2022 - 15:16 WIB
Rumah Bau Apek dan Jamur? Cari Tahu dan Obati dari Sumbernya
Ilustrasi seorang pria yang mencium ruangan bau tak sedap. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Pernahkah Anda masuk ke dalam rumah dan mencium bau tak sedap yang susah hilang? Bau apek atau amis dalam ruangan pastinya membuat Anda sangat terganggu. Rumah atau ruangan yang mengeluarkan bau tak sedap umumnya muncul karena ada sesuatu yang kotor di dalam rumah.

Bila Anda menginginkan rumah yang memiliki bau enak dan harum setiap saat, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menciptakan ruangan yang berbau natural.

Baca juga: Jangan Injak Kecoa, Usir dengan Cara Alami Lebih Aman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan bau tak sedap di dalam rumah. Perhatikan beberapa tahap untuk menghilangkan bau dalam rumah.

1. Kosongkan tong sampah secara teratur

Saat mencium bau tak sedap di dalam rumah, sebaiknya cari sumber penyebabnya. Tong sampah yang penuh dan jarang dibuang acap kali memunculkan bau tak sedap. Karena itu pastikan Anda rutin mengganti dan mencuci tong sampah secara teratur. Atau Anda bisa mencoba kantong sampah yang menawarkan perlindungan antimikroba untuk menetralisir bau.

2. Bersihkan lemari es

Kulkas atau lemari es juga bisa jadi penyebab bau busuk lain di dalam rumah. Bersihkan kulkas dari sampah makanan yang lama tak terpakai setiap seminggu sekali. Satu tips ampuh yang bisa Anda lakukan adalah meletakkan sekotak soda kue di dalam lemari es untuk menyerap bau.

3. Gunakan baking soda saat menggunakan penyedot debu

Karpet juga bisa jadi faktor penyebab bau tak sedap di dalam rumah. Untuk menghilangkan bau dan membuat karpet jadi harum, campurkan soda kue dan dan beberapa tetes minyak esensial dan taburkan di atas karpet dan biarkan semalaman sampai bau tak sedap terserap.

4. Buka jendela

Jika cuaca memungkinkan, cara terbaik untuk menyegarkan udara di rumah Anda adalah dengan membuka jendela. Dengan membuka jendela, bau masakan atau bau tak sedap lain bisa tersingkirkan melalui cara ini.

5. Buat pewangi alami untuk hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda tahu bahwa mereka memiliki baunya sendiri. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana caranya agar rumah Anda tetap harum dengan hewan peliharaan, cobalah membuat pewangi alami untuk hewan peliharaan.

Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan soda kue dengan 2 cangkir air dan 8-12 tetes minyak esensial yang aman untuk hewan peliharaan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan campuran tersebut ke hewan peliharaan Anda, atau tempat tidurnya untuk menetralisir bau.

Sebelum menggunakan minyak esensial, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter hewan untuk merujuk panduan yang aman bagi hewan peliharaan. Pastikan juga menyikat hewan peliharaan Anda secara teratur, selain menyedot debu karpet dan furnitur. Dan tentu saja, jika mereka mengalami kecelakaan, gunakan penghilang noda dan bau hewan peliharaan secepat mungkin.

Baca juga: Ogah Bahan Kimia, Larutan Alami ini Ampuh Usir Jamur Kamar Mandi

6. Hilangkan bau handuk yang apek

Salah satu bau tak sedap yang bisa mengganggu kesegaran rumah Anda, adalah bau handuk berjamur. Merendam handuk semalaman dalam air panas dan satu atau dua cangkir cuka, bisa jadi tips mudah untuk membersihkan handuk dari aroma jamur yang kotor.

Anda dapat meletakkannya di bak mandi atau memasukkannya ke dalam mesin cuci, diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya.

7. Angin-anginkan sepatu

Siapa sangka jika sepatu kesayangan Anda memiliki kontribusi dalam memunculkan bau tak sedap di dalam ruangan? Untuk mengatasinya, cukup dengan mengangin-anginkan sepatu Anda secara rutin. Sebelumnya, semprot bagian dalam sepatu dengan semprotan penghilang bau. Atau Anda bisa menggunakan sampo kering ke dalam sepatu Anda untuk menyerap semua aroma tak sedap yang bakal menyeruak.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.