alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home lifestyle muslim detail berita
Mengenal Visceral Fat, si Lemak Aktif yang Tersembunyi
Muhajirin Kamis, 13 Januari 2022 - 20:00 WIB
Mengenal Visceral Fat, si Lemak Aktif yang Tersembunyi
Ilustrasi (foto: langit7.id/istock)
LANGIT7.ID, Yogyakarta - Istilah visceral fat mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Visceral fat atau lemak aktif memiliki karakter berbeda dengan subcutanneous fat yang terletak di bawah kulit dan mudah ditemukan di sekitar lengan, kaki, atau perut.

Arief Novianto dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, menjelaskan, visceral fat adalah lemak yang terletak pada rongga perut dan melekat langsung atau menyelubungi organ vital seperti hati, perut, dan usus.

Lemak ini tidak jarang ditemukan pada arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Visceral fat disinyalir menjadi salah satu penyebab penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, kencing manis, atau diabetes mellitus (DM) tipe 2 dan lain-lain.

"Satu-satunya cara untuk mendiagnosis visceral fat secara definitif adalah dengan CT scan atau MRI," kata Arief, dikutip laman Sardjito, Kamis (13/1/2022).

Havard Health mengatakan, sekitar 10 persen dari lemak tubuh adalah visceral fat. Cara mudah untuk mengetahui seseorang berisiko memiliki cisceral berlebih adalah dengan mengukur ukuran pinggang.

Menurut catatan Health Watch dari Harvard Women dan Harvard T.H. Chan School of Public Health, wanita dengan ukuran pinggang mencapai 89 cm atau lebih besar berisiko mengalami masalah kesehatan akibat lemak itu. Sementara ukuran pinggang pada pria adalah 100 cm.

Cara lain mengukur visceral fat adalah mengukur rasio pinggang dan pinggul (waist to hip ratio). Cara mengukur lingkar perut yakni menarik meteran melalui pusar dalam keadaan bernafas normal.

Namun, ada pula yang mengukur lingkar perut dengan menarik meteran pada level antara tulang iga paling bawah dan tulang pinggul samping, yang paling menonjol. Cara ini tidak disarankan karena terlalu sulit dilakukan.

Lingkar pinggul diukur dengan menarik meteran pada level pinggul/pantat yang terbesar. Rasio 0.94 bagi pria dan 0.88 bagi wanita dianggap berkorelasi dengan jumlah visceral fat sebanyak 130 cm². Itu merupakan nilai kritis.

"Rasio normal bagi pria adalah kurang dari 0.9 dan wanita kurang dari 0.84," kata Arief.

Jika visceral fat melebihi batas nilai kritis, Anda lebih baik segera mengubah pola hidup yang lebih sehat. Yang perlu diperhatikan adalah pola makan yang seimbang, aktivitas fisik (olahraga) selama 30-60 menit per hari, mengendalikan stres, dan istirahat yang cukup.
(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.