alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Decluttering, Gaya Hidup Minimalis untuk Tampilan Rumah yang Tertata dan Apik
Fifiyanti Abdurahman Jum'at, 14 Januari 2022 - 09:38 WIB
Decluttering, Gaya Hidup Minimalis untuk Tampilan Rumah yang Tertata dan Apik
Konsep gaya hidup minimalis hadirkan banyak ruang di dalam rumah. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Beberapa tahun terakhir istilah decluttering marak jadi pembahasan. Istilah ini muncul berbarengan dengan banyaknya masyarakat yag mulai mengadopsi gaya hidup minimalis.

Decluttering sendiri berarti menyingkirkan, meminimalisir, atau membersihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan tinggal menyisakan barang yang dibutuhkan saja.

Saat decluttering dikonsumsi untuk kebutuhan rumah tangga, tak hanya hemat uang tapi gaya hidup ini pun bisa juga menciptakan rumah menjadi lebih bersih. Nah, agar rumah tetap rapi, bersih, dan minimalis dalam penggunaan barang, berikut tips dan trik yang bisa Anda ikuti:

Baca juga: Rumah Bau Apek dan Jamur? Cari Tahu dan Obati dari Sumbernya

1. Buang dekorasi yang tidak penting

Sejatinya dalam rumah tangga set peralatan dapur hanya dibutuhkan beberapa saja. Jadi, saat Anda merasa rumah terasa sesak dan penuh dengan set alat dapur baru, pertimbangkan untuk menyingkirkan peralatan yang tidak dibutuhkan.

Selain alat-alat dapur, Anda juga bisa menengok laci lemari apakah masih tersimpan memorabilia sekolah dan perguruan tinggi. Anda menimbun barang-barang yang tidak dibutuhkan dan cara terbaik adalah dengan membuangnya.

2. Terapkan prinsip satu masuk, satu keluar

Sebelum Anda membeli sepatu baru, pertimbangkan untuk membuang sepatu lama terlebih dahulu. Lakukan hal yang sama ketika Anda tergoda untuk membeli pakaian, tas, dan gadget. Prinsip ini bahkan lebih penting saat Anda berbelanja furnitur atau peralatan baru. Prinsip ini tidak akan mengurangi limbah Anda secara langsung, tetapi akan mencegah Anda menumpuk lebih banyak sampah.

3. Jual atau sumbangkan barang yang tidak dibutuhkan

Bantal ekstra itu harus dibuang, tetapi tidak harus berakhir di tempat pembuangan sampah. Pertimbangkan untuk melakukan garage sale atau pasar loak lokal. Lelang dan penjualan online juga merupakan pilihan pembuangan yang tepat.

Setelah pembersihan umum tahunan, Anda juga dapat menyumbangkan barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan. Uang atau kepuasan yang akan Anda dapatkan dari aktivitas tersebut dapat menjadi motivasi Anda untuk melakukan declutter.

4. Pilih produk ramah lingkungan

Bawalah tas belanja Anda sendiri yang bisa dicuci untuk perjalanan supermarket Anda. Untuk kebutuhan memanggang, Anda bisa menggunakan alas kue yang dapat digunakan kembali. Biasakan juga dengan sikat gigi dan pisau cukur berbahan bambu.

Dan ada lebih banyak lagi yang menyertainya. Setelah Anda menggali lebih dalam tentang belanja ramah lingkungan, ada banyak peluang untuk memperluas jejak hijau Anda.

5. Perbanyak ruang kosong

Memiliki guci antik atau vas bunga yang indah sudah pasti akan membawa nilai estetika di dalam rumah. Namun, akankah menyenangkan dan nyaman bila memiliki lebih banyak ruang di lantai atau meja Anda?

Bukan berarti harus mengganti semua tampilan yang menggambarkan karakter Anda. Tapi, Anda bisa memilih mana hal yang bisa ditampilkan dan membiarkan ruang kosong sebagai sorotan.

Misalnya, jika Anda ingin lukisan menonjol di ruang tamu, pastikan itu satu-satunya benda yang tergantung di satu dinding. Jangan mengisi dinding lainnya dengan kekacauan juga. Dengan melakukannya, Anda membantu memastikan bahwa karya seni mendapat perhatian yang layak.

Baca juga: 5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat

6. Atur hidup seminimalis mungkin

Alih-alih gaya hidup teroganisir, dengan memiliki banyak organizer di meja atau dapur malah menjadikan Anda seperti penimbun barang. Misalnya, Anda tidak perlu menggunakan rak bumbu. Cukup letakkan bumbu yang paling sering digunakan di meja dan menyimpan sisanya di lemari.

Selain kebiasaan mengatur, perhatikan juga rutinitas perawatan kulit dan rambut Anda. Anda dapat menyederhanakannya dengan mengurangi produk yang Anda gunakan. Ini menghemat waktu dan uang. Selain itu, menggunakan lebih sedikit produk cenderung lebih bermanfaat bagi kulit dan rambut Anda.

Saat membayangkan rumah yang rapi pasti Anda langsung terpikir malas bergerak untuk mulai membereskannya. Namun, jika Anda merasa malas untuk menanganinya sekarang, pikirkan tentang waktu yang akan Anda buang untuk membersihkan, mengatur, dan membuangnya di masa mendatang.

Lebih penting lagi, bayangkan hal-hal yang lebih baik yang dapat Anda lakukan dengan waktu dan uang Anda, dan tanpa kekacauan yang menghambat Anda.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.