Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 02 Mei 2024
home wisata halal detail berita

Ganjar Pranowo Minta Tarif Naik ke Stupa Borobudur Rp750 Ribu Dikaji Ulang

arif purniawan Selasa, 07 Juni 2022 - 22:00 WIB
Ganjar Pranowo Minta Tarif Naik ke Stupa Borobudur Rp750 Ribu Dikaji Ulang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (foto: humas Pemprov Jateng)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Semarang - Pengelola Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur-Prambanan Ratu Boko dan Balai Konservasi Borobudur diminta untuk mengkaji tarif menuju ke stupa Candi Borobudur yang telah ditetapkan sebesar US$ 100 untuk wisatawan mancanegara dan Rp750 ribu untuk wisatawan lokal.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertandang ke Puri Gedeh, rumah dinas Gubernur Jateng di Semarang.

“Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu dan memang TWC (Taman Wisata Candi) sama balai sedang komunikasi maka masyarakat tidak perlu resah,” kata Ganjar Pranowo, Selasa (7/6/2022) petang.

Baca juga: Naik Stupa Candi Borobudur Mahal, Mending Wisata ke Luar Negeri?

Ganjar membenarkan penataan di kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan. Karenanya harus dicarikan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas candi. Baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain seperti salah satunya penentuan tarif masuk.

“Kita postpone (menunda) dulu. Tadi Pak Menteri (Luhut) sudah menyampaikan, Pak Gub itu kita postpone dulu, biar tidak terjadi cerita yang ke mana-mana,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu Luhut Binsar memberikan pernyataan terkait rencana tiket Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan US$ 100 untuk wisatawan mancanegara. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga dan melestarikan Candi Borobudur. Keputusan itu sendiri masih belum final dan masih dikaji kembali.

"Memang setelah itu TWC pun menyampaikan akan ditindaklanjuti dengan balai. Itu artinya butuh pranata regulasi terus kemudian kelayakan dari tarif yang ada, mekanismenya, karena mereka yang akan mengeksekusi," jelas Ganjar.

Rencana tarif Rp750 ribu itu khusus untuk wisatawan lokal yang hendak naik ke bangunan atau stupa Candi Borobudur. Untuk tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal dewasa sebesar Rp50 ribu.

Baca Juga: Tarif Candi Borobudur Naik, Trinity: Terlalu Mahal

Wisatawan yang membayar tiket masuk Rp50 ribu hanya sampai di pelataran Candi Borobudur. Tidak dapat naik ke area stupa Candi Borobudur. Sampai saat ini wisatawan memang belum diizinkan naik ke atas Candi Borobudur dan hanya diperbolehkan sampai kawasan pelataran candi.

“Masuk ke kawasan dan naik ke candi. Dua hal ini perlu disampaikan ke publik agar bisa tahu kenapa ada pembatasan orang naik ke candi,” kata Ganjar beberapa waktu lalu.

Rencana ini harga tiket untuk pelajar justru akan jauh lebih murah. Tiket pelajar yang sebelumnya Rp25 ribu per orang akan turun menjadi Rp 5.000 per orang. Pertimbangannya sebagai wahana untuk memperdalam konten ilmu pengetahuan dan itu menjadi kebijakan khusus untuk pelajar.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 02 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan