Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 28 Maret 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Tips Memilih Pondok Pesantren untuk Anak, Ini Kata Ustadz Opik

ummu hani Ahad, 10 Juli 2022 - 15:00 WIB
Tips Memilih Pondok Pesantren untuk Anak, Ini Kata Ustadz Opik
Tips memilih pondok pesantren untuk anak. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Kasus kekerasan seksual yang dilakukan seorang anak kiai berinisial MSAT membuat masyarakat geram. Karena itulah jangan sampai salah pilih tempat untuk anak.

Pimpinan Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Al Burdah, Ustadz Opik memberikan sejumlah tips memilih pondok pesantren bagi orangtua untuk anak.

"Sebelum masuk ponpes, lihat dulu siapa gurunya, siapa pengasuhnya. Selanjutnya, lihat ke mana dia belajar, di mana dia mendapatkan ilmunya sebelum bisa menjadi seorang pendidik," ujarnya kepada Langit7.id, Minggu (10/7/2022).

Selain itu, setiap orangtua juga harus mengetahui siapa kiai atau pimpinan dari ponpes yang akan menjadi tempat anaknya menimba ilmu.

"Karena sanad ilmu dari seorang pemimpin itu penting. Setiap kiai harus melakukan spiritual, pendekatan diri kepada Allah baik melalui doa atau puasa supaya nasib santrinya lulus menjadi umat yang manfaat," tutur Ustaz Opik.

Baca Juga: Upaya Preventif Cegah Terjadinya Pelecehan Seksual di Pesantren

Tak hanya mengenai pemimpin hingga pendidik, Ustaz Opik mengimbau orangtua juga harus mengetahui siapa saja yang menaungi ponpes.

"Kita lihat siapa yang ada di belakang ponpes. Ternyata ponpes Jombang tidak di bawah naungan Nahdlatul Ulama, yakni ajaran mayoritas di Indonesia," ucap Ustaz Opik.

Menurut Ustaz Opik, pesantren yang diklaim bagus atau mahal tidak menjamin kualitas pendidik di dalamnya.

"Sebab itu saya imbau, ketahui siapa gurunya, di mana dia mengemban ilmu, pendidikannya akhlaknya, pemahaman agamanya. Pesantren bagus saja tidak menjamin ajaran yang didapat santri baik, yang menjamin gurunya," katanya.

Ustaz Opik menegaskan, kekerasan di dalam ponpes tak boleh terjadi dengan alasan apapun dalam mendidik santri.

"Jadi tidak boleh ada kekereasan dalam bentuk apapun. Pendidik hanya boleh bersikap tegas untuk mendisiplinkan santri yang ada di ponpes," ucap Ustaz Opik.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 28 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:03
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan