Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita
Gema Muharram

Tahun Baru Islam jadi Momentum Penguatan Tata Kelola Manajemen Zakat

Garry Talentedo Kesawa Sabtu, 30 Juli 2022 - 19:12 WIB
Tahun Baru Islam jadi Momentum Penguatan Tata Kelola Manajemen Zakat
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pimpinan Baznas, Achmad Sudrajat mengatakan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram menjadi momentum untuk menguatkan tata kelola manajemen zakat. Pengelolaan manajemen yang kuat sangat dibutuhkan, mengingat penyaluran zakat di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami pertumbuhan.

"Pertumbuhan zakat di Indonesia dari tahun ke tahun sangat bagus sekali, tinggal dikuatkan dalam tata kelola manajemen secara profesional. Sehingga masyarakat tahu apa yang mereka lakukan itu bermanfaat di lapangan," kata Achmad saat dihubungi Langit7.id, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga: Laznas Dewan Dawah: Potensi Zakat ke Depan di Atas Rp 327 Triliun

Achmad menilai sangat penting bagi para stakeholder seperti pemerintah, masyarakat, lembaga dan yayasan, termasuk Baznas, untuk merapihkan tata kelola tersebut. Hal itu penting guna menguatkan potensi zakat yang tersebar dalam satu ekosistem yang kuat.

Menurut Achmad, zakat merupakan sumber kekayaan peradaban yang dimiliki masyarakat Indonesia. Terlebih, masyarakat Indonesia dikenal sebagai orang terbaik dalam mendonasikan sesuatu.

Baca Juga: Ini Cara Rumah Zakat Edukasi Masyarakat agar Rutin Sisihkan Harta

"Saya kira ini merupakan sumber kekayaan peradaban yang dimiliki masyarakat Indonesia, yang dikenal sebagai orang terbaik dalam memberikan giving maupun donasi, zakat, infaq, sodaqoh, dan lainnya. Dengan momentum 1444 ini, kita memulai dengan penguatan manajemen, penguatan SDM, penguatan jaringan dan penguatan IT agar pesan-pesan yang ada di dalam Al-Quran bisa diimplementasikan dengan baik," ujar Achmad.

Lebih lanjut, Achmad berharap insan media turut serta menyuarakan betapa pentingnya zakat untuk membantu orang-orang yang tidak mampu. "Kita berharap teman-teman media bisa menjadi vokalis dalam menyampaikan pesan-pesan itu. Kemudian juga menjadi bagian untuk saling mengisi, menguatkan serta pengendalian di lapangan," tutur Achmad.

Baca Juga:

Selain Sucikan Harta, Berzakat Bisa Hindari Sifat Kikir dan Tamak

Potensi Zakat Rp300 Triliun, Paling Besar Sumbangan Perusahaan


(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan