LANGIT7.ID - , Jakarta -  Menentukan harga jual produk yang tepat mempunyai peran penting dalam memaksimalkan penjualan sebuah brand. 
Harga produk juga menjadi kunci dalam mendapatkan laba yang diinginkan. 
Trainer dan Financial Consultans ukmindonesia.id Musa Fernandus mengatakan dibutuhkan pemahaman yang mendalam dan strategi tepat dalam menentukan harga produk yang sesuai dengan target pasar. 
Baca juga: 3 Pemanfaatan THR, Tips Kelola Uang saat Harga Barang Naik"Salah satunya dengan mengikuti pelatihan. Saya percaya dengan aktif belajar para 
pelaku UMKM bisa mendapatkan ilmu yang lebih luas untuk bisa memajukan bisnisnya, makin dikenal luas dan dapat bertahan di tengah kompetisi pasar saat ini.” kata Musa dalam siaran pers Shopee yang diterima Langit7, Sabtu (13/8/2022). 
Ada 3 kunci utama yang harus diingat oleh setiap pelaku usaha dalam menentukan harga jual produk yang tepat:
1. Penentu harga jual bukan hanya modal dan keuntungan 
Mendapatkan keuntungan adalah salah satu tujuan dari setiap pemilik bisnis, namun hal tersebut tidak bisa dijadikan satu-satunya penentu dari harga produk yang ditetapkan. 
Selain ada perhitungan pada harga pokok bahan yang digunakan dan keuntungan yang ingin didapat, diperlukan juga pemahaman tentang 
keunggulan produk yang ditawarkan di pasar. Untuk itu, Anda perlu mencermati keunggulan produk dan keunikan yang ditawarkan terlebih dulu. 
Setelah itu, amati kelangkaan dan permintaan pelanggan, lalu tentukan harga yang tepat. Semakin unik dan langka produk Anda, semakin leluasa juga Anda dalam menentukan harga yang diinginkan. 
Baca juga: Harga Barang Naik, Begini Cara Atur Keuangan agar Tidak Boros
2. Evaluasi harga secara berkala
Dari waktu ke waktu, kondisi pasar cenderung berubah-ubah mengikuti permintaan dan kesediaan barang. Untuk itu, harga jual produk yang ditentukan pada saat awal membangun bisnis pun harus secara berkala disesuaikan agar tidak merugi. 
Lakukan evaluasi terhadap harga yang Anda tawarkan dengan harga yang ada di pasar, dan jangan ragu untuk melakukan penyesuaian harga jika diperlukan. Riset yang dilakukan secara rutin juga bisa membantu Anda dalam menentukan posisi produk Anda, dibandingkan dengan 
kompetitor di industri yang sama. 
3. Berinovasi untuk menambah nilai jual produk 
Selain memikirkan bagaimana cara menentukan harga jual dan melakukan evaluasi harga secara berkala, pelaku bisnis juga dapat menambahkan nilai jual produknya dengan melakukan 
inovasi.
Baca juga: PPN Naik per 1 April, Harga Barang Awal Puasa Diprediksi MelambungCara inovasinya pun beragam, mulai dari meningkatkan kualitas produk, layanan pelanggan, atau menghadirkan varian produk baru. Dengan melakukan banyak inovasi, nilai jual produk dari suatu bisnis dapat terus meningkat, semakin bersaing, dan semakin diminati oleh banyak 
pelanggan.
(est)