Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Registrasi MTQ Nasional di Kalsel Manfaatkan Teknologi Digital

Andi Muhammad Selasa, 11 Oktober 2022 - 10:00 WIB
Registrasi MTQ Nasional di Kalsel Manfaatkan Teknologi Digital
Registrasi MTQ Nasional di Kalsel Manfaatkan Teknologi Digital. Foto: Dok Kemenag.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXIX di Kalimantan Selatan (Kalsel) dimulai dengan registrasi ulang peserta. Registrasi dilaksanakan di Asrama Haji Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Senin (10/10/22) malam.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty menjelaskan, registrasi ulang merupakan salah satu proses terpenting dalam MTQ Nasional. Proses ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Sebanyak 1.676 calon peserta dari 34 provinsi mulai melakukan registrasi ulang malam ini, Senin (10/10/22) sampai Senin (11/10/22) malam. Semua data dicek satu per satu," kata Rijal dalam keterangannya dari Asrama Haji Syamsuddin Noor.

Baca Juga: Tak Hanya Ning Imaz, Ini Para Ustadzah Hebat Putri Kiai Lirboyo

Verifikasi dilaksanakan dengan mencocokkan data calon peserta yang didaftarkan sebelumnya pada aplikasi e-MTQ. "Verifikasinya dengan menempelkan sidik jari pada finger print, lalu semua data terbaca," kata pria yang hafal 30 juz Al-Qur'an ini.

Terjadwal melakukan registrasi ulang pada Senin (10/10/22) malam sebanyak delapan provinsi, meliputi Sumatera Barat (Sumbar), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Utara (Sumut), Kalimantan Timur (Kaltim), Maluku, Jawa Timur (Jatim), dan Sulawesi Tenggara (Sultra). Meja registrasi dibagi ke dalam 8 bagian sesuai cabang musabaqah.

"Penggunaan teknologi merupakan bagian dari implementasi transformasi digital yang menjadi program prioritas Kementerian Agama. Kita akan terus melakukan perbaikan hingga seluruh peserta yang terlibat dalam MTQ sahih datanya," ujar dia.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan