Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 10 September 2024
home global news detail berita

Rishi Sunak jadi Perdana Menteri Inggris Gantikan Liz Truss

Garry Talentedo Kesawa Senin, 24 Oktober 2022 - 22:36 WIB
Rishi Sunak jadi Perdana Menteri Inggris Gantikan Liz Truss
Rishi Sunak memenangkan perlombaan untuk menjadi Perdana Menteri Inggris menggantikan Liz Truss yang mundur beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)
LANGIT7.ID, Jakarta - Rishi Sunak dikabarkan menjadi Perdana Menteri (PM) baru Inggris menggantikan Liz Truss. Sunak memenangkan perlombaan untuk memimpin Partai Konservatif yang saat ini berkuasa.

Dilansir dari Reuters, Senin (24/10/2022), Sunak yang merupakan politisi terkaya di Westminster itu akan menjadi PM Inggris menggantikan Liz Truss. Sunak akan diminta membentukan pemerintahannya oleh Raja Charles III setelah Inggris mengalami penurunan ekonomi yang membuat jutaan orang lebih miskin.

Baca Juga: PM Liz Truss Mundur, Sri Mulyani Singgung Kondisi Ekonomi di Inggris

Sunak mengalahkan politisi sentris Penny Mordaunt, yang gagal mendapatkan cukup dukungan dari anggota parlemen untuk memasuki pemungutan suara. Sementara saingannya, eks PM Boris Johnson, menarik diri dari perlombaan lantaran dia tidak bisa lagi menyatukan partai.

"Keputusan ini merupakan keputusan bersejarah dan menunjukkan, sekali lagi, keragaman dan bakat partai kami. Rishi mendapatkan dukungan penuh dari saya," kata Mordaunt dalam sebuah pernyataan saat dia mengundurkan diri dari perlombaan hanya beberapa menit sebelum pemenang diumumkan.

Sunak memiliki 'pekerjaan besar' sebagai pengganti Truss yang hanya bertahan selama 44 hari sebelum mengundurkan diri. Salah satunya adalah memulihkan stabilitas negara yang sedang jatuh akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun, serta berusaha memimpin sebuah partai yang retak di sepanjang garis ideologis.

Menurut salah satu anggota yang hadir di parlemen, Sunak mengatakan kepada partai bahwa mereka menghadapi "krisis eksistensial" dan anggota parlemen sekarang harus fokus pada kebijakan bukan kepribadian. "Bersatu atau mati," ujarnya.

Baca Juga: 45 Hari Menjabat, PM Inggris Liz Truss Putuskan Mundur

Eks bos hedge fund multi-jutawan itu diperkirakan akan meluncurkan pemotongan pengeluaran yang dalam untuk mencoba membangun kembali reputasi fiskal Inggris. Tepatnya ketika Inggris meluncur ke dalam resesi yang terseret oleh melonjaknya biaya energi dan makanan.

Selain itu, Sunak juga mengatakan kepada anggota parlemen Konservatif di Westminster bahwa partai tersebut perlu mengatasi tantangan ekonomi Inggris. Utamanya setelah turbulensi politik memukul biaya pinjaman dan mendorong tingkat hipotek lebih tinggi.

Sunak juga harus bekerja keras untuk menyatukan partai politik dominan Inggris setelah beberapa orang menuduhnya melakukan pengkhianatan awal tahun ini. Tepatnya ketika dia mengundurkan diri dari kabinet eks pemimpin Boris Johnson, yang memicu pemberontakan lebih luas.

Raja Charles III disebutkan akan meresmikan Sunak pada hari Selasa (24/10). Pound dan harga obligasi pemerintah Inggris melonjak sebentar di tengah berita kemenangan Sunak, tetapi dengan segera kembali ke level sebelumnya.

Baca Juga:

Salah Kirim Email Dinas Pakai Akun Pribadi, Mendagri Inggris Mundur

Indonesia Apresiasi Australia Tak Lagi Akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Pangeran Mohammed Bin Salman Diangkat jadi Perdana Menteri Arab Saudi


(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 10 September 2024
Imsak
04:24
Shubuh
04:34
Dhuhur
11:53
Ashar
15:08
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan