Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 18 April 2024
home global news detail berita

PM Liz Truss Mundur, Sri Mulyani Singgung Kondisi Ekonomi di Inggris

Garry Talentedo Kesawa Jum'at, 21 Oktober 2022 - 22:35 WIB
PM Liz Truss Mundur, Sri Mulyani Singgung Kondisi Ekonomi di Inggris
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Humas Kemenkeu)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati, turut menanggapi kabar pengunduran diri Liz Truss sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris. Sri Mulyani menilai mundurnya Truss tak lepas dari memburuknya ekonomi di Inggris yang berpengaruh terhadap kondisi politik di suatu negara.

"Di Inggris, kita bisa melihat tekanan ekonomi dan inflasinya yang tinggi, Menteri Keuangannya diganti, bahkan PM nya turun. Ini bukti bahwa kondisi ekonomi berpengaruh terhadap kondisi politik," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA edisi Oktober 2022 di Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: 45 Hari Menjabat, PM Inggris Liz Truss Putuskan Mundur

Sri Mulyani mengatakan situasi dunia saat ini penuh ketidakpastian. Lingkungan global bergejolak dengan tingginya harga komoditas utama dunia yang berimbas terhadap perekonomian banyak negara serta volatilitasnya yang tinggi akibat perang Rusia-Ukraina.

"Gejolak politik ini sudah mengganggu sisi pasokan dan distribusi, karena menyebabkan harga komoditas menjadi tinggi dan gampang sekali bergejolak. Tingginya harga-harga komoditas ini kemudian memicu tingginya inflasi di berbagai negara," ujar Menkeu.

Kebijakan Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) yang semakin agresif dalam menaikkan suku bunganya juga harus diwaspadai. Diperkirakan suku bunga meningkat mencapai 4,5 persen hingga akhir tahun.

Baca Juga: Salah Kirim Email Dinas Pakai Akun Pribadi, Mendagri Inggris Mundur

Selain itu, gejolak inflasi juga sudah nampak di Eropa yang kini mencapai level 10, terutama di harga energi yang kemudian memicu gejolak dan tekanan sosial. Negara-negara emerging markets juga masih mengalami inflasi, seperti Brazil 8,7 persen, Meksiko 8,7 persen, India 7 persen, dan Indonesia 6 persen.

"Maka dari itu perlu respon kebijakan moneter untuk menstabilkan harga, yaitu dengan menaikkan suku bunga dan menetapkan likuiditas. Outlook perekonomian global menjadi melemah seiring kenaikan harga dan pengetatan kebijakan moneter," ungkap Sri Mulyani.

Baca Juga:

Resesi Global Diprediksi Terjadi 2023, Ini Saran Ekonom

Situasi Global Makin Memburuk, SBY Minta Pemimpin G20 Selamatkan Dunia

Chatib Basri: Indonesia Tak Akan Resesi tapi Pemerintah Perlu Antisipasi


(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 18 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
Terpopuler 0 mui
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan