Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home global news detail berita

Dosen Malaysia Sebut Ada Kombinasi 4 Elemen dalam Konsep Wasathiyah

Andi Muhammad Rabu, 26 Oktober 2022 - 17:34 WIB
Dosen Malaysia Sebut Ada Kombinasi 4 Elemen dalam Konsep Wasathiyah
Seminar Internasional Menolak Islamophobia Melalui Konsep Al Wasatiah di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022). Foto: Andi Muhammad/Langit7
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Pensyarah Kanan Universiti Sultan Zainal Abidin Terengganu Malaysia, Dr Hanif bin Muhammad Latef mengatakan, penafsiran konsep wasthiyah terus terjadi di Malaysia. Artinya belum ada tafsiran yang solid mengenai makna dari konsep tersebut.

Hal tersebut dia ungkapkan di Seminar Internasional bertajuk 'Menolak Islamophobia Melalui Konsep Al Wasatiah' di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: Wapres Ingatkan Penerapan Islam Wasathiyah, Ini Penjelasannya

"Konsep wasathiyah ini, maka berlaku tafsiran-tafsiran moderat, contemporary terhadap perkataan wasathiyah oleh pengkaji, penyelidik, di seluruh Malaysia," kata Dr Hanif.

Menurut dia, wasathiyah merupakan kombinasi dari empat elemen yakni keadilan, kualitas, syumul, dan seimbang. Meski demikian, konsep wasathiyah dinilai masih belum bisa menangkis ataupun mencegah perilaku ekstremisme atau radikalisme yang masih marak terjadi.

"Menjadi wasthiyah itu bukan menjadi seimbang saja, tetapi turut menjadi muslim yang adil, syumul, dan berkualitas," ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa orang ekstrem cenderung hanya mengetahui satu tafsir saja dalam ayat Al-Qur'an dan hadits. Tafsir yang digunakan pun menyimpang dari nilai-nilai agama Islam karena minimnya ilmu yang mengakibatkan kesalahpahaman penafsiran.

Baca juga: Prof Hamid Fahmy Zarkasyi: Wasathiyah dalam Islam Beda dengan Moderat ala Barat

"Contohnya terhadap hadis-hadis yang berkaitan dengan jihad, ayat-ayat Qur'an terkait jihad. Ahli hadis memberikan dari pada perspektif ini, ahli sejarah memberikan dari pada perspektif ini. Berbedanya suatu perspektif menyebabkan orang-orang terpengaruh oleh ekstremis ini dia hanya mengambil satu jalan atau satu tafsiran saja tanpa mempertimbangkan tafsir lainnya," jelasnya.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan