Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 19 Mei 2024
home global news detail berita

Antropolog: Indonesia Perlu Tonjokan Nilai-Nilai Pancasila di KTT G20

hasanah syakim Rabu, 09 November 2022 - 17:00 WIB
Antropolog: Indonesia Perlu Tonjokan Nilai-Nilai Pancasila di KTT G20
Antropologi asal Prancis, Jean Counteau (foto: istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Posisi Indonesia sebagai pemegang tampuk presidensi G20 diharapkan bisa memberikan manfaat dan poin lebih, karena berhak menentukan tema dan agenda konferensi.

Antropologi asal Prancis, Jean Counteau menilai Indonesia berada di posisi ideal untuk memainkan perannya dalam tatanan global, sehingga Indonesia perlu menonjolkan kelebihan nilai-nilai yang dimiliki terutama nilai yang terkandung di dalam dasar negara Pancasila.

Menurut Jean, ada beberapa indikator yang dimiliki Indonesia sehingga layak untuk memimpin seperti pertumbuhan ekonomi yang signifikan, nyaris tidak adanya kekerasan politik dibanding negara lain, hingga hubungan antar agama yang harmonis.

Baca juga: KTT G20 Sumbang Rp7,4 Triliun terhadap Perekonomian Domestik

"Hal itu bisa ditawarkan sebagai model ko-eksistensi dalam tatanan global. Di Indonesia praktiknya lebih menonjolkan nilai kebersamaan daripada perbedaan, semuanya terkandung di Pancasila rumus yang bersifat lintas bangsa," kata Counteau dalam keterangan yang diterima Langit7 Rabu (9/11/2022).

Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar ini juga menilai bahwa Indonesia sukses mencegah dan menangani kekerasan-kekerasan yang berbau identitas, terutama etnis dan agama. Hal itu membuat Indonesia luput dari kristalisasi agama, serta paham nasionalisme sempit menjadi akar konflik di berbagai negara.

"Politik dan nilai-nilai identitas di Indonesia bisa dibilang moderat. Cara mengelola kompleksitas keindonesiaan cukup baik dan berhasil," ungkap Counteau.

Lebih lanjut, dia mendorong pemerintah Indonesia untuk lebih berani memperlihatkan jati diri dan berperan di level global agar dunia bisa mengambil nilai-nilai baiknya.

Apalagi Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga dengan jumlah penduduk yang besar, serta memiliki keberagaman etnis. "Seharusnya Indonesia bisa menjadi panutan dunia," tegasnya.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 19 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan