alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home masjid detail berita

Tanda Ibadah Tepat Sasaran, Punya Hubungan Baik ke Sesama Manusia

mahmuda attar hussein Kamis, 10 November 2022 - 15:00 WIB
Tanda Ibadah Tepat Sasaran, Punya Hubungan Baik ke Sesama Manusia
Ilustrasi ibadah tepat sasaran melihat hubungan baik ke sesama manusia. (Foto: Istimewa).
LANGIT.ID, Jakarta - Kaum muslimin bisa mencirikan tanda ibadahnya tepat sasaran. Salah satu indikatornya yakni mereka bisa memiliki hubungan baik dengan sesama manusia. Mengutip pendapat Imam Al Ghazali, penceramah Buya Yahya menyebut, orang yang tidak ramah dengan sesama manusia adalah ciri orang yang tertipu dengan ibadahnya. "Gaya mesranya Nabi itu terlihat saat beritikaf. Sampai beliau membiarkan rambutnya disisir oleh Aisyah yang itu saat sedang haid. Ini bentuk kemesraan dan kelemahlembutan," ujar dia dikutip dari kanal YouTubenya, Kamis (10/11/2022). Pengasuh LPD dan Pondok Pesantren Al Bahjah ini mengingatkan, agar kaum muslimin tidak berperilaku keras pada sesama manusia, terutama kepada anak dan istri di rumah.

Baca Juga: Tips Parenting untuk Anak Belum Baligh, Jangan Paksakan Ibadah

"Beri kesempatan untuk bermesraan seperti yang dicontohkan Nabi. Jangan sampai gayanya beribadah tapi menyiksa istri, ataupun sebaliknya," ujarnya.

Menurutnya, harmonis dalam rumah tangga adalah saat anggota keluarganya memiliki kemesraan satu sama lain. Artinya, semakin banyak ibadah mendekatkan diri kepada Allah, maka akan semakin indah hubungan antar sesama manusia.

"Kalau berusaha mendekatkan diri pada Allah tapi justru hubungan dengan manusia buruk, maka itu ada kesalahan dalam ibadahnya. Ingat dan pahami makna ini," katanya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan