Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

Bantu Sesama, Wirausahawan Muslim Amerika Ini Ciptakan Kursi Salat

nursalam Senin, 14 November 2022 - 20:52 WIB
Bantu Sesama, Wirausahawan Muslim Amerika Ini Ciptakan Kursi Salat
Omar Hamid, wirausahawan Muslim Amerika yang menciptakan kursi salat. Foto: Twitter/@omarehamid.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , - Seorang wirausahawan Muslim Amerika menciptakan kursi salat untuk mempermudah orang menunaikan ibadah salat. Adalah Omar Hamid, salah satu co founder website fundrising LunchGood pencetus ide tersebut.

Semua berawal saat dirinya melihat orang-orang yang membutuhkan kursi untuk salat di mushala.

Menurut Omar, orang-orang tersebut membutuhkan kursi saat akan mendirikan salat. Mereka pun merasa menghalangi jamaah di belakang atau tidak sesuai dengan garis saf.

Baca juga: Kajian Ahad Pagi: Khusyu Shalat, Raih Keutamaan Kualitas Hidup

"Mengapa tidak ada orang yang terpikir untuk menyelesaikan permasalahan ini?," kata Omar saat melihat suasana itu, dilansir dari Zawya, Senin (14/11/2022).

Penemuan Omar ini hanya menggunakan sedikit teknologi, yang mekanismenya sama seperti yang digunakan kursi teater. Di mana kursi dapat ditarik saat ingin duduk.

“Desain yang saya gunakan sangat praktis, ketika seseorang menggunakan kursi ini, dan mendudukinya. Kursi ini akan menyesuaikan gaya alami duduk seseorang itu. Bahkan, kursi ini dapat membantu ketika Anda ingin berdiri, serta bisa digunakan oleh orang-orang yang memiliki mobilitas yang terbatas”, ucap Omar.

Di tahun 2015, kursi salat Omar ini menang dalam kompetisi Star of Science yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi di Qatar. Dari kompetisi tersebut Omar mendapat dana 100.000 dolar Amerika atau senilai Rp1,5 miliar.

Baca juga: Cerita Gus Mus Ditegur dan Ditausiahi Orang Ketika Shalat di Terminal

Kala itu Omar bersaing dengan beberapa finalis dengan inovasi dan ide yang luar biasa. Namun, Omar yakin dengan menggabungkan teknologi dan iman, penemuannya ini dapat menjadi usaha yang ditujukan untuk kebaikan sosial. Dia pun berharap penemuannya ini dapat menyatukan komunitas Muslim secara global.

Omar memberi nama kursi salat ini dengan nama Sanda, yang diambil dari bahasa Arab "Sanad" yang artinya mendukung atau membantu.

"Saya sangat suka ketika memiliki uluran tangan pribadi yang dapat membantu dalam keadaan apapun dan ada saat dibutuhkan. Oleh karena itu, dengan nama ini dan penemuan ini, bisa membuat ibadah di masjid lebih mengeratkan. Dan meskipun alat ini diperuntukan untuk salat di mushola, kursi Sanda bisa di digunakan di berbagai macam lokasi, seperti aula, transportasi umum, atau pun dirumah”," tandas Omar.

Baca juga: 4 Keutamaan Salat Tahajud, Sudahkah Anda Melakukannya?

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan