alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita

Tanda Taubat Seorang Muslim Diterima Allah Ta'ala

Muhajirin Senin, 21 November 2022 - 18:30 WIB
Tanda Taubat Seorang Muslim Diterima Allah Ta'ala
ilustrasi taubat (foto: langit7.id/istock)
LANGIT7.ID - Taubat merupakan ajaran mulia dalam Islam untuk menghapus dosa. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui tanda-tanda taubat diterima oleh Allah Ta’ala.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, Buya Yahya, menjelaskan, ada dua tanda yang muncul ketika taubat seorang muslim diterima oleh Allah Ta’ala. Pertama, muncul rasa penyesalan yang mendalam setelah memohon ampun kepada-Nya.

“Tanda taubat yang diterima oleh Allah, yang pertama adalah semakin menyesal di saat mengingat dosa tersebut. Sehingga, Allah mencintai hamba-Nya yang selalu bertakwa, dengan cara bertaubat,” kata Buya Yahya di kanal youtube-nya, dikutip Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Tak Ada Kata Terlambat, Allah Suka dengan Taubat Hamba-Nya

Rasa penyesalan itu akan mendorong seorang muslim selalu bersimpuh memohon kepada Allah Ta’ala. Sikap seperti itu akan mendekatkan seorang hamba kepada Allah. Jika demikian, itu pertanda Allah tengah mencintai hamba-Nya.

“Maka derajat seseorang akan semakin bertambah. Semakin bertambah martabat derajatnya, orang akan semakin banyak bertaubat. Jangan heran banyak yang awalnya bertaubat dengan adanya dosa besar dan dilanjutkan dengan dosa kecil,” kata Buya Yahya.

Menurut Buya Yahya, rasa penyesalan adalah rahmat. Tidak semua orang merasa menyesal jika sudah melakukan perbuatan maksiat. Hanya segelintir orang yang tergerak hatinya untuk bersimpuh di hadapan Allah meminta ampun.

Baca Juga: Cerita saat Angelina Sondakh Taubat dan Putuskan Dalami Islam

“Ada orang yang melakukan dosa dan mengingatnya, semakin dia menyesal. Maka, dengan penyesalan itu dia melakukan taubat kepada Allah Ta’ala, karena semakin dia takut akan melakukan dosa itu, dia akan semakin bertaubat,” ujar Buya Yahya.

Kedua, jika taubat seorang muslim diterima, maka ada perubahan sikap dan perbuatan. Selalu hati-hati dalam bersikap dalam berbuat agar tidak terjebak dalam lingkaran maksiat. Sehari-hari dipenuhi perbuatan-perbuatan baik, baik berupa ibadah-ibadah bersifat ritual maupun ibadah muamalah.

“Kemudian, pasti ketika orang telah melakukan taubat, pasti ada perubahan terhadap sikap dan perbuatannya,” ujar Buya Yahya.

Baca Juga: UAH: Jangan Putus Asa dari Rahmat Allah, Ampunan-Nya Sangat Luas

Buya Yahya lalu mengajak setiap muslim untuk selalu beristighfar, memohon ampunan kepada Allah. Istighfar bisa menjadi rem bagi seseorang saat berada di pintu maksiat. Ucapan istighfar otomatis mengingatkan kepada sang pencipta, sehingga niat-niat berbuat maksiat berubah jadi taat kepada-Nya.

“Maka kita harus selalu mengingat kesalahan dan melakukan taubat, insya Allah akan diterima taubat itu dan sikap dan perilaku akan jauh lebih baik. Pada intinya, kita harus banyak ber-istighfar dan bertaubat kepada Allah, agar kita selalu menjaga sikap dan perilaku tidak lagi berbuat dosa,” ujarnya.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan