alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home sports detail berita
Piala Dunia 2022 Qatar

Patut Dicontoh, Suporter Jepang Bersihkan Sampah Usai Pembukaan Piala Dunia

Muhajirin Selasa, 22 November 2022 - 14:40 WIB
Patut Dicontoh, Suporter Jepang Bersihkan Sampah Usai Pembukaan Piala Dunia
Para suporter Jepang membersihkan sampah di Stadion Al-Bayt Qatar usai pembukaan Piala Dunia 2022 (foto: qatarliving)
LANGIT7.ID, Doha - Suporter Timnas Jepang kembali menyita perhatian publik dalam laga pembuka Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Timnas Qatar dengan Ekuador. Fans dari Negeri Sakura itu membersihkan sampah yang bertebaran di tribun stadion, padahal bukan tim negara mereka yang bermain.

Video aksi terpuji itu sudah tersebar di berbagai media sosial. Para Suporter Jepang terlihat membersihkan sampah yang ada di sela-sela kursi penonton Stadion Al Bayt. Terlihat para suporter itu masih lengkap dengan atribut. Mereka dengan sigap membantu petugas kebersihan dengan membawa kantong-kantong plastik dan wadah lain saat supporter negara lain sudah meninggalkan stadion.

“Seseorang meyakinkan saya bahwa ini hal yang lumrah. Fans Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion. Ini bahkan bukan pertandingan timnas mereka,” kata pria bernama Omar Farooq, dikutip Talk Sport, Selasa (22/11/2022).

Bada Juga: Lantunan Al-Quran Buka Piala Dunia 2022 Qatar, Ghanim Al Muftah Baca Surat Al-Hujurat

Omar makin takjub saat berbincang dengan fans Jepang. Dia menanyakan alasan di balik aksi bersih-bersih sebelum meninggalkan stadion. Rupanya, aksi itu memang sudah menjadi budaya masyarakat Jepang yang tak meninggalkan sampah di manapun mereka berada.

“Saya saya bertanya kepada mereka, ‘Mengapa kamu membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan denganmu?’ jawabannya adalah, “Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah. Kami selalu menghormati tempat di mana kami berada’, begitu katanya,” kata Omar menceritakan.

Kejadian itu bukan kali pertama terjadi. Pada 2018 sila, para fans Jepang juga melakukan aksi serupa di Piala Dunia. Mereka viral setelah tertangkap kamera sedang membersihkan Rostov Arena, meski saat itu Timnas Jepang kalah dramatis di menit-menit akhir dari Belgia di babak 16 besar.

Baca Juga: Emir Qatar: Piala Dunia Satukan Semua Keyakinan

Pada 2021, mereka juga menunjukan aksi terpuji dalam gelaran Piala Dunia Wanita di Roazhon Park. Mereka membersihkan semua sampah yang tersisa hingga stadion tersebut bebas dari sampah.

Di Piala Dunia 2022, Jepang tergabung di Grup E bersama Spanyol Jerman, dan Kosta Rika. Timnas Jepang dijadwalkan bertanding melawan Jerman di laga perdana Grup E yang akan berlangsung pada Rabu (23/11/2022) pukul 20.00 WIB.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan