Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home global news detail berita

2 Tim Robotik MAN 2 Banyumas Sabet Juara 1 di Ajang Kontes Robot di Malaysia

arif purniawan Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB
2 Tim Robotik MAN 2 Banyumas Sabet Juara 1 di Ajang Kontes Robot di Malaysia
Siswa MAN 2 Banyumas memenangkan kontes robot di Malaysia (foto: Kemenag Jateng)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Banyumas - Tim Robotika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas berhasil meraih juara 1 dalam 2 ajang kontes robot di Malaysia.

Pertama, Robot Line Follower Analog buatan Faiz Khoirul Fuadi dan Eka Erlangga Putra Syariful Hanan siswa kelas XI MIPA 2 mendapat juara 1 The Best Point.

Kemudian, Robot Soccer IoT buatan Adan Syahrul Junior dan Gitara Parasdya Abimanyu, mendapat Juara 1 Utama. Keduanya siswa kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 6. Tim dari MAN 2 Banyumas didampingi guru pembimbing Toto Prasetyo dan Singgih Hutomo Aji.

Baca juga: Robot Penjaga Keamanan MAN 1 Brebes Tembus 30 Besar Finalis Kompetisi Robotik

Para siswa tersebut tampil di ajang internasional 11th World Robotic for Pease (WRP) 2022 yang diselenggarakan oleh IRTC (International Robotic Training and Competition) di Universitas Teknologi Malaysia, Johor, pada 29 November-3 Desember 2022. Kompetisi itu diikuti oleh perwakilan 15 negara.

Kepala MAN 2 Banyumas Muhamad Siswanto mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi spektakuler yang diraih pertama kali MAN 2 Banyumas pada kejuaraan Internasional.

Dikatakan, bahwa di era sekarang, madrasah harus memiliki daya dorong dan melakukan loncatan dalam kemajuan melalui prestasi-prestasi yang dicapai. Lembaga pendidikan harus senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Agar memiliki daya ungkit atau daya dorong yang kuat, madrasah harus mengubah mindset. Sehingga yang tadinya berjalan biasa-biasa saja, maka dengan percepatan loncatan prestasi yang diraih siswa, menjadi madrasah yang luar biasa,” ucapnya.

Menurut dia, dalam dunia global, siswa jangan memiliki mindset puas berperestasi hanya dalam skala regional dan nasional. Melainkan harus melintas, melewati batas menuju go Internasional. Sebagaimana yang diraih 4 siswa MAN 2 Banyumas di ajang internasional WRP 2022 ini.

Baca juga: Drone Emprit: ChatGPT Perlu Suplai Referensi agar Akurat Jawab Masalah Agama

“Momentum kali ini jadikan sebagai momentum bangkitnya madrasah,” tegasnya.

Wakil Kepala Bidang Akademik MAN 2 Banyumas Sujono menambahkan, mewakili seluruh warga madrasah dia sangat bersyukur atas capaian prestasi siswa pada ajang internasional WRP 2022 di Kuala Lumpur Malaysia. Tentu saja, hal ini menjadi catatan sejarah bagi MAN 2 Banyumas.

“Semoga perjuangan guru pembimbing serta para siswa akan menjadi berkah bagi kita semua, menjadi madrasah yang mandiri berprestasi dan semakin dicintai oleh masyarakat,” tutur Sujono.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan