Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home wirausaha syariah detail berita
Outlook 2023

5 Skill Paling Dibutuhkan di 2023, Bisa Dorong Bisnis Digital

mahmuda attar hussein Selasa, 13 Desember 2022 - 13:30 WIB
5 Skill Paling Dibutuhkan di 2023, Bisa Dorong Bisnis Digital
5 Skill Paling Dibutuhkan di 2023, Bisa Dorong Bisnis Digital. (Foto: Pixabay).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada 5 skill yang paling dibutuhkan di tahun 2023 mendatang. Keahlian ini berkaitan dengan perkembangan teknologi dan bisnis digital yang kian mewabah.

Trainer Coach Sheila Wijayanti mengatakan, setiap orang harus memiliki target dan rencana pada 2023 mendatang agar bisa berdaya saing global.

"Walau tahun 2023 ini disebut juga tahun yang challanging atau tahun yang gelap, tapi harus bisa dilihat dari angle yang lain," kata Coach Sheila dalam Webinar 'Menjadi Individu Tanggung Berdaya Saing Global di 2023' dikutip Selasa (13/12/2022).

Menurut dia, semua orang harus bisa mempersiapkan diri di 2023 ini, sehingga apapun tantangannya, tetap bisa tumbuh dan berprestasi.

Baca Juga: Penting! Umat Islam Harus Punya Skill Kelola Keuangan

"Setiap ada challanges pasti ada oppurtunity, itu saudara kembar. Tapi terkadang kita terlalu fokus pada challanges-nya," katanya.

Lalu setelah itu tentukan arah, sehingga tidak membuang-buang waktu dan energi lagi nantinya. Kemudian upgrade diri, perdalam skill baru, berkarya dan setelah itu berkontribusi.

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim pernah memaparkan bahwa pencari kerja wajib memiliki skill menggunakan teknologi.

"Harus familiar dengan teknologi, ini dasar sekali," ujar Faridah dalam paparan surveinya dikutip kembali Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Berikut Ragam Skill Digital yang Paling Banyak Dipelajari di Seluruh Dunia

Hal lainnya berkaitan dengan teknologi, menurut dia, ialah melek dengan media sosial. Sebab keahlian ini berkaitan dengan kebutuhan pemasaran perusahaan.

Data yang dihimpun Langit7 potensi bisnis digital di masa mendatang juga cukup besar dalam memperkuat perekonomian.

Kementerian Perdagangan memperkirakan kontribusi Ekonomi Digital Indonesia (EDI) di tahun 2030 akan mencapai 18 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Presentase itu senilai dengan Rp 4.531 triliun. Itu artinya dalam 8 tahun ke depan, ekonomi digital tumbuh 4,5 kali dibandingkan saat ini yang sekitar 4 persen.

Sahabat Langit7 tak boleh tinggal diam, tapi mesti memanfaatkan peluang yang ada dengan mengasah keterampilan yang dibutuhkan dalam bisnis digital.

Apa saja keterampilan itu? Melansir Grow Think, berikut 5 keterampilan yang dibutuhkan bisnis digital di tahun 2023:

1. Konten Pemasaran

Konten pemasaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan transaksi dalam bisnis online. Di zaman serba digital sekarang ini, konten berkualitas tinggi sangat diperlukan untuk kebutuhan bisnis.

Nah, bagi Sahabat yang memiliki keterampilan dalam menulis atau pun editing gambar dan video bisa memanfaatkan peluang ini.

Setidaknya, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama menulis blog dan memperoleh pendapatan melalui iklan atau yang kedua, yaitu dengan menawarkan layanan sebagai freelancer.

2. Pengembangan dan Desain Web

Bisnis yang satu ini cocok bagi Sahabat yang memiliki kemahiran dalam mengoperasikan komputer untuk kebutuhan pengembangan dan desain website.

Apalagi hampir di setiap bisnis saat ini menggunakan website sebagai etalasenya. Layanan berbasis komputerisasi inilah yang bisa Sahabat tawarkan untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis.

3. Pemasaran Digital

Banyak bisnis yang kini beralih menjadi bisnis online. Namun, sebagian dari mereka masih kurang cekatan untuk bersaing di dunia maya.

Sahabat bisa mengambil alih tugas itu dan bertindak untuk memasarkan produk mereka melalui pemasaran digital. Adapun ruang lingkupnya termasuk optimalisasi SEO, mengelola media sosial, promosi berbayar, dan lainnya.

4. Desain Grafis

Desain grafis akan menjadi sektor yang sangat tepat bagi Sahabat dengan keahlian mendesain. Pasalnya, salah satu faktor kesuksesan bisnis juga dipengaruhi oleh grafis berkualitas tinggi.

Adapun beberapa hal yang mesti dikuasai mulai dari desain website, platform media sosial, dan materi pemasaran. Pastikan Sahabat melakukannya secara profesional untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan reputasi.

5. Search Engine Optimization

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mengoptimalkan situs web untuk Google dan mesin pencari lainnya. Dengan tujuan mendapatkan peringkat tertinggi dalam lalu lintas web, sehingga dapat meningkatkan visibilitas situs.

Dengan pemahaman SEO, Sahabat bisa mengambil peluang untuk menjadi konsultan bisnis. Bantu para pebisnis untuk mendongkrak brand mereka agar mendapat peringkat di mesin pencari.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan