Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita
Outlook 2023

Cetak SDM Berkualitas, Indonesia Perlu Perbaiki Peta Jalan Pendidikan

Fifiyanti Abdurahman Jum'at, 16 Desember 2022 - 11:01 WIB
Cetak SDM Berkualitas, Indonesia Perlu Perbaiki Peta Jalan Pendidikan
Ilustrasi. Foto: LANGIT7/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence mulai memasuki kehidupan manusia dari berbagai sisi, salah satunya dalam hal pekerjaan. Karenanya, sangat penting mengasah kemampuan secara khusus bagi para fresh graduate agar tidak tersingkir karena kehadiran AI.

Keterampilan atau skill yang wajib dimiliki fresh graduate perlu ditopang dengan pendidikan yang berkualitas, baik formal maupun informal.

Namun, apakah pendidikan di Indonesia sudah memenuhi standar untuk melahirkan fresh graduate berkualitas?

Baca juga: Pemerhati Pendidikan: Pelaku Plagiasi Bisa Dicabut Gelar Akademik

Pemerhati pendidikan, Dirgantara Wicaksono mengatakan hal tersebut terkait dengan peta jalan pendidikan Indonesia, yang hingga saat ini masih dalam perdebatan di Kemendikbud.

"Goalnya seperti apa masih jadi perdebatan," ujar Dirgantara atau akrab disapa Bombom kepada Langit7 beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Bombom mengakui bahwa sistem pendidikan yang diterapkan saat ini sudah cukup baik.

"Sekarang yang diterapkan memang sudah baik dengan adanya kurikulum merdeka atau kampus merdeka. Mahasiswa jadi menemukan bidang lain yang sesuai dengan keinginannya tetapi juga mempelajari bidang lain sehingga pemahamannya tentang satu hal lebih luas" katanya.

Baca juga: Kurang Murid Akibat Zonasi, Pemerintah Perlu Kaji Kebutuhan Sekolah

Namun, lanjut Bombom, arah pendidikan masih menjadi persoalan yang perlu direvisi.

"Kalau sampai sekarang peta jalan yang dibangun masih banyak yang harus direvisi. Kita belum tuntas bagaimana peta jalan kita. Nah itu yang harus diperbaiki terutama bagi mahasiswa harus dikuatkan," lanjut dia.

Pendiri dan Pembina Organisasi Backpacker Teaching Indonesia menyebut masih banyak pekerjaan rumah dalam menyiapkan lulusan yang siap dipakai di dunia kerja.

"Sementara ini kita masih banyak PR untuk bisa mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa, agar ketika lulus mereka dapat dipakai baik dalam dunia kerja sesuai dengan apa yang dipelajari di S1nya," terangnya.

Baca juga: Sistem Zonasi PPDB, Pengamat Pendidikan: Kriteria Usia Jadi Perdebatan

Pria kelahiran 13 Juni 1986 ini menekankan bahwa pendidikan di Indonesia butuh percepatan agar SDM muda yang cerdas dan berkualitas dapat teratasi.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan