Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

4 Hal Ini Bisa Persulit Datangnya Rezeki, Yuk Mulai Dibenahi

mahmuda attar hussein Senin, 09 Januari 2023 - 09:30 WIB
4 Hal Ini Bisa Persulit Datangnya Rezeki, Yuk Mulai Dibenahi
4 Hal Ini Bisa Persulit Datangnya Rezeki, Yuk Mulai Dibenahi. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada 4 hal yang bisa mempersulit datangnya rezeki. Bukan cuma karena semangat beribadah dan sedekah, rezeki juga bisa tertahan karena kebiasaan buruk.

Menurut Imam Syafi'i, ada empat penyebab utama yang bisa mempersulit datangnya rezeki. Kondisi inilah yang harus dibenahi umat Islam.

Lantas apa saja empat hal penyempit rezeki itu? Berikut diungkapkan Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Zaadul Ma'ad:

1. Tidur setelah subuh

Penceramah, KH Muhammad Bakhiet mengatakan, tidur setelah waktu subuh diperbolehkan, tapi hanya bagi orang yang semalaman tidak tidur karena ibadah.

Sebab, tidur setelah waktu subuh bisa mempersulit datangnya rezeki dari Allah SWT.

"Menjadi tidak boleh bagi orang yang sudah mendapat tidur cukup di malam hari, lantas melanjutkan tidurnya saat setelah subuh," kata dalam kajiannya, Senin (9/1/2023).

Pasalnya, kebiasaan tidur setelah subuh akan menjadi masalah bagi kesehatan badan dan mental, serta bisa mempersulit datangnya rezeki.

2. Sedikit Salat

Salat merupakan pembuka pintu rezeki. Sehingga umat Islam dianjurkan memperbanyak salatnya ketika ingin mendapatkan rezeki yang berlimpah.

Sebaliknya, orang yang sedikit salatnya akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan rezeki.

Allah berfirman, “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Talaq: 3).

Selain salat lima waktu, memperbanyak salat juga bisa dilakukan dengan salat-salat sunnah. Mulai dari tahajjud, rawwatib, dhuha, dan salat sunnah lainnya yang diajrkan Nabi Muhammad SAW.

3. Malas

Rezeki setiap orang memang sudah diatur dan ditetapkan Allah SWT. Namun, rezeki tidak akan jatuh begitu saja dari langit, tanpa usaha seorang hamba untuk mencarinya.

Bermalas-malasan tentu tidak akan menghasilkan apa-apa. Untuk itu, segera benahi sifat buruk yang satu ini agar rezeki bisa datang dengan mudah.

4. Khianat

Penyebab sulitnya rezeki yang terakhir adalah sifat khianat dan tidak amanah. Sifat ini sangat tidak disukai Allah dan Rasul-Nya.

Sebab, umat Islam diajarkan untuk memiliki sifat amanah dan jujur. Seperti juga Nabi Muhammad SAW yang sukses berdagang di jazirah Arab karena sifat amanah dan jujurnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan