Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home wisata halal detail berita

Bali hingga Bandung, Ini 6 Destinasi Wisata Favorit di Indonesia

Suandri Ansah Kamis, 23 Februari 2023 - 10:21 WIB
Bali hingga Bandung, Ini 6 Destinasi Wisata Favorit di Indonesia
Pelabuhan Labuan Bajo. Foto: iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Indonesia kaya akan keindahan alam yang mempesona terbentang dari ujung barat hingga timur. Tak heran bila banyak wisata alam di Tanah Air yang menjadi tujuan para pelancong baik domestik maupun internasional.

Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) mencatat ada enam destinasi wisata domestik teratas yang menjadi favorit wisatawan, yaitu:

Baca juga: Mengenal Gua Matu, Destinasi Wisata Religi di Pasibar


1. Bali


Ragam fasilitas hiburan yang tersedia juga membuat Bali masih menduduki posisi teratas untuk pilihan berwisata baik lokal maupun turis internasional.

Tak bisa dipungkiri lagi jika Pulau Dewata memiliki keindahan alam yang mampu menarik turis untuk berkunjung. Selain itu, Bali juga terkenal dengan adat budaya yang masih kental membuatnya memancarkan pesona tersendiri.

"Bali sampai sekarang masih jadi yang terfavorit," Kata Wakil Ketua Umum ASITA, Budijanto Ardiansjah dikutip Antara, Kamis (23/2/2023).


2. Lombok


Selain Bali, Nusa Tenggara Barat tepatnya Lombok menjadi pilihan destinasi wisata favorit di Indonesia. Memiliki ragam keindahan alamnya, mulai dari pantai hingga pegunungan membuat Lombok kerap masuk daftar impian para wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di sana.

“Sejak adanya Sirkuit Mandalika wisatawan juga terus bertambah, orang penasaran ingin melihat sirkuit bertaraf internasional itu,” kata Budijanto.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Alam Romantis di Indonesia, Cocok untuk Bulan Madu


3. Labuan Bajo


Menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia, ketenaran Bajo kini semakin menggema.

Labuan Bajo merupakan sebuah surga tersembunyi yang ada di Indonesia bagian timur. Ditambah adanya Taman Nasional Komodo dan Pink Beach menjadi pendongkrak wisatawan.

"Orang Indonesia memang tidak bisa diberi hal unik, pasti langsung diburu, selain memang indah, unik bisa menemukan pasir pantai berwarna merah jambu," ujar Budijanto.


4. Yogyakarta


Yogyakarta selalu bikin kangen. Kalimat ini seringkali dilontarkan wisatawan saat mengunjungi salah satu daerah istimewa di Indonesia ini.

Kota Gudeg ini tentu jadi pilihan utama bagi pelancong yang ingin berwisata jarak sedang, utamanya bagi warga Jabodetabek.

Budaya yang kental terpancar hingga menimbulkan nuansa tersendiri, akses yang mudah serta wisata serba murah ini menjadi opsi wisatawan untuk menikmati alam atau sekedar staycation dan berburu kuliner.

Baca juga: Menilik Ragam Destinasi Wisata dan Edukasi Masjid Raya Al Jabbar


5. Jawa Timur


Jawa Timur berada di posisi lima teratas wisata terfavorit warga Indonesia. Sebut saja Malang, Surabaya, dan Banyuwangi menjadi rajanya wisata di Jawa Timur.

Kota Malang yang sejuk dan cenderung dingin di kota Batu menjadi incaran tersendiri bagi masyarakat yang ingin menikmati udara segar.

Surabaya yang kaya akan wisata kuliner serta Banyuwangi dengan pantai yang indah menjadi kekuatan sendiri di Jawa Timur, terlebih lokasi ketiga kota ini dapat dijangkau dengan jarak yang tidak terlalu jauh.


6. Bandung


Bandung seringkali menjadi tempat pelarian untuk melepas kepenatan aktivitas harian warga Jabodetabek.

Baca juga: Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Favorit Akhir Tahun

Bukan hanya karena suasana yang sejuk dan asri, tapi Kota Kembang juga menawarkan beragam tempat wisata baru yang terus bermunculan sehingga wajib disambangi.

Namun, kemacetan Bandung yang kini semakin memadat membuat destinasi wisata ini turun menjadi peringkat enam.

"Tadinya Bandung menjadi destinasi paling digemari di atas Yogyakarta, namun berbagai aspek termasuk macet menjadi alasan," Kata Budijanto.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan