Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home sports detail berita

Piala Dunia U-20 Terancam Batal, Pemerintah Diminta Antisipasi Sanksi FIFA

Garry Talentedo Kesawa Senin, 27 Maret 2023 - 20:00 WIB
Piala Dunia U-20 Terancam Batal, Pemerintah Diminta Antisipasi Sanksi FIFA
Logo resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. (Foto: Humas PSSI)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, meminta pemerintah bergerak cepat mengantisipasi kemungkinan mendapatkan sanksi dari FIFA terhadap eksistensi Indonesia dalam ekosistem sepak bola dunia. Hal tersebut seiring munculnya keputusan pembatalan drawing (pengundian) Piala Dunia U-20.

"Jika Piala Dunia U-20 benar-benar batal, maka potensi FIFA untuk menjatuhkan sanksi terhadap PSSI pasti berdampak pada keikutsertaan Indonesia dalam berbagai event atau forum sepak bola, baik di level regional maupun internasional. PSSI dan pemerintah pun harus bergerak cepat agar hal itu tidak terjadi," kata Huda dalam keterangannya, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Gubernur Koster Tolak Timnas Israel Main di Bali, Begini Respons Plt Menpora

FIFA sebelumnya membatalkan drawing peserta Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia. Pembatalan ini diduga kuat akibat kencangnya penolakan keikutsertaan tim nasional (Timnas) sepak bola Israel.

Tercatat, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan penolakannya terhadap keikutsertaan Timnas Israel. Padahal, Piala Dunia U-20 akan diselenggarakan di Stadion Wayan Dipta, Denpasar, Bali dan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Huda memahami kerasnya penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel. Menurutnya, tindakan pemerintah Israel yang menganeksasi wilayah Palestina harus dilawan dengan segala cara.

Baca Juga: Plt Menpora Konsultasi ke MUI Soal Timnas U-20 Israel yang Akan ke Indonesia

"Hanya saja, menurut saya, penolakan ini terlambat karena seharusnya disuarakan sejak awal pemerintah ikut bidding penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2019. Kalau Indonesia dikucilkan dari ekosistem sepak bola internasional bisa memberikan dampak panjang bagi pembinaan tim nasional, baik di level junior maupun senior," ujar Huda.

Politisi Fraksi PKB itu berharap PSSI dan Pemerintah melakukan mitigasi terhadap berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pascapembatalan drawing peserta final Piala Dunia U-20 di Indonesia. Salah satunya, dengan melakukan lobi-lobi khusus kepada petinggi FIFA agar tidak memberikan sanksi kepada Indonesia.

"Kami berharap apapun status penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tidak memberikan dampak bagi proses pembinaan sepak bola di tanah air. Sebab pertaruhannya cukup besar bagi eksistensi Indonesia di ekosistem sepak bola dunia," tutur Huda.

Baca Juga:

Pakar Sarankan Pertandingan Timnas Israel U-20 Digelar di Singapura

Dubes Palestina: Partisipasi Timnas Israel Tak Berkaitan Suka atau Tidak


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan