Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home global news detail berita

4 Indikator Seseorang Moderat dalam Beragama

tim langit 7 Jum'at, 15 September 2023 - 13:00 WIB
4 Indikator Seseorang Moderat dalam Beragama
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sikap moderat dalam menjalankan agama menjadi hal penting di tengah keragaman Indonesia. Moderat dalam beragama atau sering disebut moderasi beragama memiliki indikator yang bisa dijadikan ukuran apakah seseorang bersikap moderat atau tidak.

Apa saja indikator atau tanda-tanda orang moderat dalam beragama? Jawaban dari pertanyaan ini dijelaskan oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung H Puji Raharjo saat menjadi pembicara pada Sarasehan Kebangsaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pringsewu, Kamis (14/9/2023).

Mengutip NU Online, ada 4 indikator yang menunjukkan bahwa seseorang termasuk moderat dalam beragama. Pertama adalah memiliki komitmen kebangsaan yakni menerima prinsip-prinsip berbangsa yang tertuang dalam konstitusi: UUD 1945 dan regulasi di bawahnya.

“Kedua adalah memiliki sifat toleransi yakni menghormati perbedaan dan memberi ruang orang lain untuk berkeyakinan, mengekspresikan keyakinannya, dan menyampaikan pendapat. Menghargai kesetaraan dan sedia bekerjasama,” jelasnya pada kegiatan bertema Moderasi Beragama dalam Berpolitik dan Berbangsa ini.

Baca juga:Ibarat Sayap Burung Garuda, NU dan Muhammadiyah Harus Berkepak Serasi dan Seimbang

Ketiga adalah anti pada kekerasan yakni menolak tindakan seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara-cara kekerasan, baik secara fisik maupun verbal, dalam mengusung perubahan yang diinginkan.

Dan yang keempat adalah menerima dan menghormati tradisi yang ada di lingkungan yakni ramah dalam penerimaan tradisi dan budaya lokal dalam perilaku keagamaannya, sejauh tidak bertentangan dengan pokok ajaran agama.

Ia menjelaskan bahwa proses menyebarnya agama khususnya Islam ke seluruh penjuru dunia melewati jalan panjang yang selalu bersentuhan dan berinteraksi dengan budaya dan tradisi.

Setiap pemeluk agama di berbagai penjuru dunia memiliki ciri khas yang berbeda seiring dengan bertemunya antara tradisi dan agama. “Mari beragama dengan membawa esensi atau isinya, bukan casing-nya,” ajaknya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan