Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 14 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Awas Bahaya Tumor Otak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

tim langit 7 Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:00 WIB
Awas Bahaya Tumor Otak, Kenali Penyebab dan Gejalanya
Ilustrasi.Foto/Halodoc
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Dr dr Irwan Barlian Immadoel Haq SpBS (K) dari Tokyo Womens Medical University mengungkapkan, dalam 10 tahun terakhir ada 1.621 pasien tumor otak di Surabaya. Bahkan di RSU dr Soetomo Surabaya, setiap hari ada 5 sampai 7 bahkan 10 pasien setiap hari.

"Pasien itu disertai keluhan kebutaan, kelumpuhan dan penurunan kesadaran," ujar Irwan saat launching Indonesia Brain Tumor Solution, Senin (9/10/2023).

Irwan mengatakan, tumor itu pertumbuhan abnormal dari suatu jaringan yang tidak terkendali. Itu artinya, tumor otak berarti pertumbuhan jaringan yang abnormal di otak.

Tumor otak dibagi menjadi dua jenis. Ada tumor jinak dan ganas. Untuk tumor otak jinak secara patologi dikatakan jinak, pertumbuhannya lambat, namun tetap mengganggu.

Sementara itu, tumor ganas karakteristiknya pertumbuhannya cepat, sering kumat-kumatan atau setelah dioperasi tumor bakal tumbuh lagi.

Baca juga:Ada El Rumi dan 6 Artis Ikutan Tren AI Yearbook Challenge di IG

“Untuk gejalanya yang paling sering adalah nyeri kepala yang kronik progresif, semakin lama semakin berat, semakin lama semakin ditambah gangguan lain. Seperti gangguan penglihatan pendengaran dan saraf lainnya," urainya.

Dia juga menjelaskan, untuk gejala tergantung dari lokasi tumor sendiri. Tumor otak itu bisa tumbuh di seluruh bagian otak. Misal, tumor otak ini tumbuh di area penglihatan maka matanya kabur. Atau tumbuhnya di pusat motorik, maka motoriknya bakal terganggu.

Apa penyebab dari tumor otak? Hingga kini, penyebab dari tumor otak tidak ada yang mengetahui secara spesifik. Namun, dari segi teori karena ada perubahan pada karakter sel jaringan yang ada di struktur otak. Misalnya, mutasi glia yang normal menjadi glioma.

Yang jelas, kata Irwan, ada perubahan mutasi. “Ada juga faktor risikonya seperti terpapar radiasi tinggi, stres berlebihan, ada faktor genetik keluarga terkena tumor tapi itu bukan sesuatu yang pasti juga,” ujarnya.

Sementara itu, Indonesia Brain Tumor Solution menjadi salah satu pusat pelayanan dan penanganan tumor otak di Indonesia yang berada di National Hospital. Indonesia Brain Tumor Solution diharapkan menjadi salah satu rujukan penanganan tumor otak di Indonesia, tak terkecuali untuk Indonesia timur.

Indonesia Brain Tumor Solution National Hospital didukung dokter spesialis bedah saraf yang khusus mendalami tumor otak serta didukung peralatan canggih. Seperti mikroskop, endoskopi, hingga MRI 3 Tesla dengan protokol khusus untuk pemeriksaan tumor pada otak.

Selain itu, penanganan tumor otak di Indonesia Brain Tumor Solution National Hospital juga dilakukan secara komprehensif dengan tim dokter spesialis yang berpengalaman dalam bidangnya.

CEO National Hospital Ang Hoey Tiong mengatakan, National Hospital juga memiliki beberapa Center of Excellence lainnya. Center of Excellence itu didirikan untuk menjawab kebutuhan medis dan layanan yang lebih komprehensif bagi pasien.

Seperti NH-DAPS yang tidak hanya menangani estetik tapi juga untuk rekonstruksi hingga plastic surgery, Stroke and Rehabilitation Center membantu pasien terutama pasien pasca-stroke dengan rehabilitasi medik yang menggunakan teknologi robotik, Surabaya Neuro Science yang berfokus terhadap pelayanan bedah saraf mulai dari epilepsi hingga parkinson.

“Kami berharap, Indonesia Brain Tumor Solution ini menjadi seperti oase di gurun pasir. Saya meyakini, Indonesia Brain Tumor Solution bisa membantu banyak orang khususnya suvivor tumor otak untuk mendapatkan penanganan yang lebih komprehensif melalui peralatan-peralatan canggih di National Hospital,” ujar Ang Hoey Tiong

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 14 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:56
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan