Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Telinga Serasa Kemasukan Air? Bisa Jadi Itu Gejala Awal Kanker Nasofaring

tim langit 7 Kamis, 19 Oktober 2023 - 07:08 WIB
Telinga Serasa Kemasukan Air? Bisa Jadi Itu Gejala Awal Kanker Nasofaring
Ilustrasi.Foto/Halodoc
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Telinga brebek-brebek serasa kemasukan air? Berhati-hatilah, bisa jadi Anda mengalami gejala awal kanker nasofaring atau karsinoma nasofaring (KNF).

Gejala ini biasanya muncul satu atau dua bulan setelah kanker itu muncul. Dengan tanda ini, seseorang disarankan segera ke dokter spesialis telinga hidung tenggorokan untuk mendiagnosa penyakitnya.

"Kanker nasofaring ini muncul di organ nasofaring yang letaknya di hidung bagian belakang. Itu dekat dengan telinga sehingga gejalanya ke telinga," kata Prof Dr dr Achmad Chusnu Romdhoni, SpTHTBKL, Subsp Onk (K) FICS dalam orasi ilmiah pengukuhan guru besar Universitas Airlangga (Unair) pada Rabu (18/10/2023).

Baca juga:Bukan Tempat Menakutkan, Keluarga Harus Jadi Lingkungan Nyaman Bagi Anak-anak

Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran (FK) Unair ini, tanda lain adalah hidung sering mimisan saat usia di atas 40 tahun. Darah yang keluar dari kata Prof Romdhoni bukan dalam jumlah yang banyak namun sedikit demi sedikit.

"Nah kalau tidak diperiksakan maka di bulan ke enam atau ke tujuh akan muncul benjolan di leher bagian belakang dekat telinga. Benjolan ini awalnya bisa di sebelah kanan terus ke kiri dan tambah membesar. Jika sudah muncul benjolan maka sudah stadium lanjut," jelasnya.

Prof Romdhoni menerangkan, jika pasien mengalami tanda di telinga dan di hidung dan memiliki riwayat merokok atau sering mengonsumsi makanan yang diasinkan maka harus berobat ke spesialis THT. Karena kemungkinan besar itu adalah gejala kanker nasofaring.

"Lebih baik diperiksakan namun tidak ketemu kankernya daripada tidak diperiksakan tapi ada kankernya," ungkapnya.

Biasanya pemeriksaan yang dilakukan itu dengan biopsi. Ini untuk mengetahui jenis dadi kankernya itu. Jika sudah positif kanker nasofaring, maka dokter akan menyarankan untuk radiasi dan kemoterapi.

Dikatakan Prof Romdhoni, kanker ini tidak bisa dioperasi. Jika dioperasi tidak maksimal membersihkan kankernya. Jika kanker yang dioperasi itu tidak bersih maka kekambuhan akan mudah dan cepat sekali terjadi. "Kalau datang di stadium awal maka pengobatan cukup dengan radiasi," ungkapnya.

Jika datang di stadium awal maka angka kemungkinan hidup di lima tahun pertama bisa mencapai 90 persen. Tapi kalau sudah stadium lanjut hanya 25 persen.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan