Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Puluhan Santri Singkawang Kalbar Dilatih Jadi Wirausahawan

tim langit 7 Selasa, 31 Oktober 2023 - 06:00 WIB
Puluhan Santri Singkawang Kalbar Dilatih Jadi Wirausahawan
Puluhan santri di Singkawang dibekali kemampuan menjadi wirausahawan.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Singkawang dan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Hady Singkawang menggelar pelatihan wirausaha.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 santri ini digelar di Gedung PCNU Kota Singkawang, Jalan BLK/Rantau Jaya, Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu-Ahad (29-30/10/2023).

Keterampilan kewirausahaan dan spirit Entrepereneurship bagi para santri dan pemuda merupakan hal penting dalam menghadapi tantangan ekonomi modern.

Pelatihan ini memberikan bekal pengetahuan dan jaringan kerja, keterampilan pemasaran digital, dengan memanfaatkan teknologi. "Ini bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk memulai usaha dalam memasuki kehidupan sosial ketika mereka nantinya terjun ke masyarakat dan membina keluarga," kata Ketua PCNU Kota Singkawang H Edy Purwanto Achmad.

Ia mengapresiasi inisiasi Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Hady Singkawang dalam mendukung pengembangan kewirausahaan santri.

Pelatihan ini merupakan upaya menciptakan santri untuk memiliki keterampilan (life skill), dan menjadi santripreneur yang dikelola oleh pesantrenpreneur.

"Sehingga santri ketika keluar pondok nanti memiliki keterampilan khusus salah satunya yaitu pengelolaan, proses pembuatan pengemasan dan pemasaran keripik keladi," ujarnya.

Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Hady Ustadz Suhadi menyampaikan kegiatan ini menyosialisasikan kewirausahaan di kalangan yayasan pesantren. Ini juga untuk mengembangkan kegiatan kewirausahaan di kalangan yayasan atau pesantren untuk meningkatkan kemandirian para santri.

"Menyebarkan semangat kewirausahaan di lingkungan pesantren dan sekitarnya. Menumbuhkan minat kewirausahaan para santri di bidang tertentu, dan mengoptimalkan peran santri dalam kehidupan masyarakat yang siap bersaing dengan dunia global," katanya.

Kegiatan ini diisi tiga narasumber, yakni M Kholil, Direktur Career Development Unit A Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak, H Edy Purwanto Achmad, pelaku usaha dan juga Pembina UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) di bawah binaan BKKBN; dan Suriadi, Owner UMKM Keripik Sahira.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta tidak hanya diberikan pengetahuan wawasan mengenai wirausaha, tetapi juga praktiknya. Suriadi memberikan bimbingan praktik dari mulai proses pengupasan umbi keladi, proses pemotongan, sampai menjadi keripik atau stick dengan pisau khusus yang didesain secara khusus.

"Kemudian proses pencucian, penggorengan, dan apa saja bumbunya, sampai proses packing/pengemasan," ujarnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan