Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Santri Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarang Didorong Implementasikan Strategi Green Ocean

tim langit 7 Senin, 06 November 2023 - 14:00 WIB
Santri Ponpes Fadhlul Fadhlan Semarang Didorong Implementasikan Strategi Green Ocean
Menparekraf Sandiaga dalam acara Launching Santripreneur dan Pengukuhan DPAC FKPP se-Kota Semarang di Masjid Roudhotul Jannah, Ponpes Fadhlul Fadhlan, Semarang, Jawa Tengah
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta para santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan, Semarang menerapkan strategi green ocean guna membangun usaha yang berkualitas dan berkelanjutan.

Permintaan ini disampaikan Sandiaga dalam "Launching Santripreneur dan Pengukuhan DPAC FKPP se-Kota Semarang" di Masjid Roudhotul Jannah, Ponpes Fadhlul Fadhlan, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/11/2023).

Dia menjelaskan strategi green ocean adalah ketika para pelaku usaha memperkuat kolaborasi dengan meningkatkan value atau nilai tambah produk yang akan membawa usaha mereka semakin maju.

"Pesan saya jangan berkompetisi dengan menurunkan harga. Itu namanya strategi red-ocean atau samudra merah. Mari kita berkolaborasi dengan meningkatkan value. Sehingga memperbesar pasar. Itu yang disebut sebagai strategi green ocean. You can do it," kata Sandiaga.

Baca juga:Santri Innofest 2023 Dorong Inovasi dan Pemberdayaan Ekonomi

Selain kolaborasi, inovasi, dan adaptasi juga penting dilakukan para santri untuk menjadi wirausaha yang resilien. Inovasi ini terdiri dari digitalisasi dan kemampuan santri dalam menggabungkan iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemudian melakukan adaptasi dengan mengikuti tren terkini tentunya dalam hal yang positif. Mengadopsi ilmu agama yang telah dipelajari di pesantren agar kemaslahatan negeri bisa dicapai.

"Ini adalah landasan para santri untuk menjadi santripreneur yang membangun ekonomi bangsa. Sehingga kita berorientasi bukan mencari lapangan kerja tapi menciptakan lapangan kerja," kata Sandiaga.

Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, mengungkapkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kadin Kota Semarang, menunjukkan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk membangun usaha. Hal ini dikarenakan digitalisasi yang berkembang pesat menyebabkan terjadinya shifting ekonomi yang mengarah kepada ekonomi menengah ke bawah. Artinya UMKM dapat mengambil peluang ini untuk memperbesar skala usahanya.

"Yang utama kuncinya hanya konsisten dan tekun. Sesuatu hal yang dilakukan dengan konsisten dan tekun insyaAllah menghasilkan output yang baik," kata Arnaz.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan