Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home global news detail berita

KPU Resmi Tetapkan Tiga Capres-Cawapres Pemilu 2024

tim langit 7 Senin, 13 November 2023 - 22:00 WIB
KPU Resmi Tetapkan Tiga Capres-Cawapres Pemilu 2024
KPU telah resmi menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah secara resmi menetapkan tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada kontestasi pemilihan umum (pemilu) 2024.

Penetapan dilakukan setelah KPU menggelar Rapat Pleno Tertutup Penetapan Capres-Cawapres pada Pemilu 2024 di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023) siang.

Ketiga pasangan capres-cawapres yang telah ditetapkan KPU itu adalah Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

KPU memastikan ketiga pasangan tersebut telah memenuhi syarat presidential threshold, kesehatan, dan administrasi.

"KPU telah menyatakan bahwa pasangan Capres-Cawapres Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai capres-cawapres untuk pemilu serentak 2024,” ujar Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik, Senin (13/11/2023) sore.

Baca juga:Jaga Netralitas BUMN di Pilpres 2024, Komut PT Pelni Ali Masykur Musa Mengundurkan Diri

“Selanjutnya untuk pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai capres-cawapres untuk pemilu serentak 2024. Selanjutnya untuk pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai capres-cawapres untuk pemilu serentak 2024," lanjut Idham.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah didaftarkan ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023 pukul 09.36 WIB. Pasangan ini diusung oleh gabungan partai politik yakni Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 29,04 persen total kursi di DPR RI.

Kemudian pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD didaftarkan pada Kamis, 19 Oktober 2023 pukul 12.20 WIB. Mereka diusung oleh gabungan partai politik, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan 28,06 persen total kursi di DPR RI.

Selanjutnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka didaftarkan pada Rabu, 25 Oktober 2023 pukul 11.20 WIB. Mereka diusung oleh gabungan partai politik, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garuda dengan total kursi di DPR RI sebanyak 42.67 persen.

"Jadi dengan demikian ketiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden yang telah didaftarkan tersebut telah memenuhi ketentuan yang terdapat di dalam Pasal 222 UU Nomor 7 tahun 2017 yang di mana partai politik atau gabungan partai politik yang telah mendaftarkan calon yang telah memenuhi 20 persen kursi di DPR atau 25 Persen perolehan suara sah secara nasional," pungkasnya

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan