Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 14 Juli 2024
home global news detail berita

Jaga Kerukunan Meski Beda Pilihan Politik, Abdul Mu'ti: Kalau Sakit yang Nengok juga Tetangga

tim langit 7 Rabu, 22 November 2023 - 06:00 WIB
Jaga Kerukunan Meski Beda Pilihan Politik, Abdul Mu'ti: Kalau Sakit yang Nengok juga Tetangga
Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Muti
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengajak warga persyarikatan sikapi Pemilu sesuai dengan khittah, kepribadian, serta biasa-biasa saja, dan tetap jaga kerukunan.

Menurut Abdul Mu’ti perbedaan itu tidak masalah, yang penting menjaga kerukunan, lebih-lebih antar tetangga. Sebab, jika sakit yang jengukin juga tetangga, yang mijitin juga bukan capres-cawapres yang didukung itu.

“Mari kita jaga kerukunan, kalau kalian gerah itu siapa yang kira-kira nengokin itu siapa? apa mungkin Pak Anies, apa Pak Prabowo, apa Pak ganjar?, siapa yang mau bantu kalian, ya, tetangga,” kata Mu’ti pada (19/11).

Di hadapan ribuan jemaah Tabligh Akbar di Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) itu, Penulis Buku “Guyon Maton” ini menekankan tentang penting menjaga kerukunan di tengah perbedaan dengan rasa toleran.

Baca juga:Dukung Perjuangan Palestina, Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap Dua Rp31,9 Miliar

“Mari kita jaga kerukunan kita, jaga perbedaan ini dengan rasa toleran. Terhadap perbedaan, sebab mesti pilihannya beda,” tuturnya.

Tentang penyelenggaraan Pemilu 2024, sesuai hasil konsolidasi nasional yang diselenggarakan PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti berpesan supaya warga persyarikatan ikut menyukseskan pemilu dan menjadikan pemilu ini berkualitas.

Sikap politik organisasi harus merujuk pada khittah, dan menghadapinya dengan biasa-biasa saja, dan penuh rasa toleransi. Perbedaan itu hal yang wajar, yang terpenting adalah kerukunan, dan setelah pemilu Muhammadiyah harus tetap utuh.

“Tentukan pilihan yang terbaik untuk Indonesia masa depan, dan yang penting tentu Muhammadiyah harus tetap utuh, harus tetap bersatu,” imbuhnya.

Merujuk khittah dan kepribadian Muhammadiyah, dia menyebut bahwa sikap politik Muhammadiyah netral aktif. Maksudnya adalah netral tidak memihak ke salah satu calon maupun parpol, tapi aktif membangun komunikasi dengan semua calon dan parpol.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 14 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:56
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan