Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 18 Mei 2024
home masjid detail berita

Wali Kota Bengkulu Ajak Warga Selesaikan Berbagai Persoalan Ummat di Masjid

ahmad zuhdi Sabtu, 04 September 2021 - 09:57 WIB
Wali Kota Bengkulu Ajak Warga Selesaikan Berbagai Persoalan Ummat di Masjid
Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan bersama jamaah masjid (foto: Bengkulu Interaktif)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Bengkulu - Masjid selain sebagai tempat shalat berjamaah, diharapkan dapat dimanfaatkan serta dioptimalkan dalam pemberdayaan serta kesejahteraan umat. Demikian yang diharapkan Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan terkait fungsi dan peran Masjid.

"Pemerintah mengajak seluruh jamaah masjid dan mushola untuk melaksanakan musyawarah harian, membicarakan masalah harian warga di Masjid, misalnya ada yang sakit, ada yang hajatan, ada yang memerlukan bantuan, ada yang mau jualan, ada yang mencari karyawan, ada yang perlu pekerjaan, dan lain-lain," kata Helmi Hasan kepada LANGIT7.ID, Sabtu (4/9).

"Bahkan termasuk jomblo yang memerlukan pasangan hidup, diurus oleh Masjid, dan difasilitasi oleh Pemkot. Mobil dinas Wali Kota, wakil dan Ketua DPRD boleh dipinjam untuk nganter penganten," sambungnya.

Ia menuturkan, Masjid yang hidup musyawarah harian akan menyelesaikan semua masalah warga di berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, politik, sosial, pendidikan, militer, dan lain sebagainya, secara mikro. "Kalau musyawarah harian ini dilaksanakan di satu juta Masjid di Indonesia, maka akan menyelesaikan masalah secara makro," kata Helmi.

Mengenai pemberdayaan masyarakat dengan model bisnis berbasis masjid yang adil dan transparan, menurut Helmi yang paling ideal adalah koperasi. Koperasi yang dikelola secara transparan adalah model yang paling cocok untuk membangun ekonomi ummat.

"Profesionalisme para pengelola harus dikembangkan terus melalui pelatihan, studi banding, pemagangan, dan yang terpenting adalah pengawasan melalui musyawarah harian," ujarnya.

Berkaitan dengan strategi mewujudkan masjid multifungsi yang bisa terintegrasi dengan berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, politik, sosial, pendidikan, militer, dan lainnya, Helmi menekankan bahwa pengurus Masjid harus menyadari bahwa yang diurus itu bukan rumah dia, tapi rumah Allah.

"Karena itu pengurus masjid harus mencontoh bagaimana Masjid Nabawi dahulu diurus, ada dakwah, taklim, dzikir ibadah, dan khidmat," tuturnya.

Masjid, lanjut dia, harus memiliki daya tarik seperti magnet, memiliki kenyamanan yang membuat orang betah; misalnya kalau lapar atau haus nggak perlu pulang ke rumah, tersedia makan minum di Masjid, kalau panas ada kipas, ngantuk ada bantal dan ruang tidur, sakit ada obat, kalau bermasalah dengan keluarga ada tempat konsultasi, dan lainnya.
"Masjid juga harus bisa ngangenin, kalau orang pergi rindu mau cepat kembali lagi," ujarnya.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 18 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan