Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home masjid detail berita

Peringatan Nuzulul Quran, Menparekraf Ajak Insan Parekraf Perkuat Ukhuwah Islamiyah dan Wathaniyah

tim langit 7 Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:00 WIB
Peringatan Nuzulul Quran, Menparekraf Ajak Insan Parekraf Perkuat Ukhuwah Islamiyah dan Wathaniyah
Menparekraf Sandiaga Uno mengajak seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif memperkuat ukhuwah islamiyah dan wathaniyah pada peringatan Nuzulul Quran di Masjid Rihlatul Jannah, Jakarta.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) khususnya umat Muslim untuk menjadikan momentum Nuzulul Quran dengan terus memperkuat ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam) dan ukhuwah wathaniyah (persaudaraan dalam ikatan kebangsaan).

Sandiaga saat memberikan sambutan pada peringatan Nuzulul Quran di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf yang berlangsung di Masjid Rihlatul Jannah, Jakarta, Kamis (28/3/2024) mengatakan Ramadhan merupakan petunjuk baru untuk menemukan jalan hidayah dari Allah SWT dan juga mendapatkan keberkahan.

Salah satu upaya agar bisa mendapatkan keberkahan adalah sebagaimana yang dikisahkan Nabi Musa AS ketika menginginkan hujan. Kemudian Nabi Musa berdoa kepada Allah SWT. Lalu Allah SWT berfirman kepada Nabi Musa sebab tidak diturunkannya hujan bagi umatnya ialah karena umatnya tidak menjaga kerukunan.

Baca juga:Turunnya Al Quran Jadi Transformasi dari Jahiliyah ke Masyarakat Modern

"Kerukunan adalah kunci kita mendapat keberkahan. Oleh karena itu, untuk mendapat keberkahan kita harus memperkuat ukhuwah kita. Ukhuwah Islamiyah kita dan Ukhuwah Wathaniyah kita. Karena sebaik-baik kita adalah yang bisa memberikan manfaat. Dan manfaat besar bagi manusia lainnya adalah catatan amal jariyah di sisi Allah SWT," kata Menparekraf Sandiaga.

Momentum Nuzulul Quran 2024 merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Masjid Rihlatul Jannah. Dimana sejak diresmikan pada 17 Juli 2023, Masjid Rihlatul Jannah Kemenparekraf telah digunakan sebagai sarana kegiatan yang positif.



"Jadi kita juga melihat keberkahan dari Masjid Rihlatul Jannah kita. Mudah-mudahan masjid kita ini terus digunakan untuk kebaikkan," kata Sandiaga.

Selain itu, Menparekraf Sandiaga menyampaikan Kemenparekraf dalam waktu dekat akan meluncurkan program "Mudik Bareng" untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik sekaligus sebagai upaya mengurangi atau menghindari mudik dengan kendaraan roda dua.

"Kami menyediakan bus sebanyak kurang lebih 20 unit yang bekerja sama dengan MS Glow. Namun kalau ada permintaan lebih kami bisa mengusahakan untuk menambah unit," terang Sandiaga.

Hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur sekaligus Ketua BinRohis Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Neil El Himam; Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal; serta Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenparekraf/Baparekraf Nur Asia.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan