Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Jasa Penghulu Nikah Siri di Medsos, Ustadzah: Boleh Saja

lusi mahgriefie Sabtu, 06 Juli 2024 - 10:00 WIB
Jasa Penghulu Nikah Siri di Medsos, Ustadzah: Boleh Saja
Ustadzah Lulung Mumtazah.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Di jaman serba media sosial saat ini, apa saja bisa kita temukan termasuk penawaran jasa penghulu nikah siri. Ada sebuah akun yang menawarkan jasa penghulu nikah siri. Bagaimana dalam pandangan Islam?

Nikah siri hukumnya sah dan resmi menurut agama apabila sudah memenuhi rukun dan syarat pernikahan sesuai ajaran Islam tetapi menjadi haram jika ada mudaratnya.

Terdapat lima rukun nikah siri secara Islam yang harus dipenuhi yaitu calon mempelai laki-laki, calon mempelai perempuan, wali nikah bagi mempelai perempuan, dua orang saksi, dan ijab kabul.

Pada poin ijab kabul tentu diperlukan penghulu. Terkait hal ini, di jaman yang serba media sosial dalam berbagai kegiatan, ada sebuah akun Instagram yang menawarkan jasa penghulu nikah siri. Ustadzah Lulung Mumtazah memberi tanggapannya.

Baca juga:Jasa Penghulu Nikah Siri Ditawarkan di Instagram

“Boleh saja (jasa penghulu nikah siri di media sosial), selama syarat dan rukun nikah terpenuhi,” ujar ustadzah yang kerap tampil di Assalamualaikum Cinta di MNC TV dan Islam Itu Indah di Trans TV, saat dihubungi.

Mengingat saat ini, lanjut Ustadzah Lulung, media sosial menjadi salah satu media yang dipakai masyarakat luas jadi tidak ada salahnya ada akun yang menawarkan jasa penghulu nikah siri.

“Di mata Allah nikah siri ya sama dengan nikah ‘sah’, selama syarat dan rukun terpenuhi. Penghulu yang dipilih juga harus yang punya dasar ilmu tentang itu. Jadi selama apa yang ditawarkan tidak melanggar hukum Islam dan pemerintah saya rasa boleh-boleh saja,” ujarnya.

Namun begitu, ustadzah yang akrab disapa Umi ini mengimbau sebaiknya siapapun yang memutuskan untuk menjalankan nikah siri di kemudian hari agar mensahkan juga secara hukum negara.

“Seperti dalam surat An-Nisa ayat 59 disebutkan; Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad) serta ulil amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan Hari Akhir,” jelasnya.

Ustadzah Lulung lebih menekankan kepada pihak perempuan. Menurutnya, apabila sudah sah secara agama dan hukum negara maka perempuan bisa menguatkan posisi sebagai istri.

“Kalau tidak pakai hukum negara, khawatirnya hak istri lemah jadi sebaiknya harus pakai hukum negara atau nikah sah juga. Jadi kalau istri mau minta hak-haknya, segera diresmikan dengan hukum negara karena ada dasar yang kuat,” tuturnya lebih lanjut.

Dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menyatakan bahwa pernikahan harus dicatatkan secara resmi pada instansi berwenang sebagai langkah preventif untuk menolak dampak negatif

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan