LANGIT7.ID-, Jakarta- - Setiap orang tentu memiliki selera makanan yang berbeda-beda, namun sambal menjadi menjadi sensasi pedas yang tak terpisahkan dari budaya kuliner Nusantara.
Tak heran bila mayoritas masyarakat Indonesia begitu mencintai keberadaan sambal dan mampu melengkapi rasa serta menambah selera makan.
Peluang ini coba dimanfaatkan Yansen Gunawan untuk menciptakan sebuah bisnis lewat produk Eatsambel. Berdiri di tahun 2018, Eatsambel berawal dari keinginan Yansen untuk bisa mengobati kerinduan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri akan cita rasa sambal, yang sulit ditemukan di luar tanah air.
Baca juga:
5 Makanan Sehat dalam Al-Quran yang Harus Anda MakanIa juga menyadari bahwa banyak orang menyukai sambal, tetapi tidak semua orang bisa dan mau repot untuk membuat sambal yang lezat. Oleh karena itu, bermodal resep sambal turun temurun dari keluarganya, Eatsambel hadir dengan cita rasa rumahan yang sesuai dengan selera orang Indonesia.
"Seluruh produk Eatsambel dibuat menggunakan komposisi bahan alami untuk selalu menjaga kualitas kesegaran serta menjamin kenikmatan dan rasa terbaik saat sampai di tangan konsumen," kata Yansen dalam siaran pers Shopee, dikutip Rabu (10/7/2024).
Yansen kemudian bekerja sama dengan para petani cabai yang tersebar di berbagai daerah untuk menunjukkan kualitas bahan baku lokal yang Indonesia miliki.
Berbagai macam bahan baku lokal ini dikreasikan Yansen menjadi 4 varian cita rasa sambal khas Indonesia yang dikemas dengan nama yang unik, mulai dari Cumi Ciamik, Cakalang Rindu, Ayam Suwir Icikiwir, dan Teri-Ngat Kamu.
“Kami sangat bersyukur bahwa kehadiran Eatsambel tidak hanya dapat menemani konsumen saat menyantap makanan, tetapi juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan cabai dari petani daerah dan berhasil membuka lapangan pekerjaan untuk banyak ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung dari keluarga mereka,” Yansen menambahkan.
Yansen juga meyakini dalam bisnis kuliner, yang dibutuhkan bukan hanya rasa yang enak, melainkan juga branding produk itu sendiri. Untuk itu, ia pun memanfaatkan Shopee untuk mendukung bisnisnya dan menjangkau target pasar yang dimiliki.
“Kami percaya bahwa ‘inovasi’ dan ‘kreativitas’ adalah kunci utama bagi brand dalam mencapai kesuksesan. Salah satu caranya adalah tidak berhenti mempelajari tren dan memanfaatkan inovasi teknologi yang ada dengan cara yang khas dan berbeda dengan yang lain," pungkas Yansen
(ori)