Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Selain Penambah Rasa, Garam Punya 7 Manfaat Kesehatan

muhammad rifai akif Rabu, 15 September 2021 - 14:14 WIB
Selain Penambah Rasa, Garam Punya 7 Manfaat Kesehatan
Ilustrasi garam sebagai bumbu penambah rasa sekaligus dapat meningatkan kesehatan. Foto: Langit7.id/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Sayur tanpa garam, itulah pepatah yang sering didengar untuk mengartikan sesuatu yang dirasa hambar. Garam sangat pokok dalam sebuah makanan dan masakan, sehingga keberadaannya tidak bisa dipisahkan.

Banyak asumsi di masyarakat menganggap bahwa makan garam berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit, hal ini memang betul adanya, tapi tubuh manusia juga membutuhkan garam. Konsumsi garam yang sesuai dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaatnya? Langit7 merangkumnya untuk sahabat, dikutip dari laman klikdokter.com:


1. Mencegah Penyakit Gondok
Kandungan garam dapat mencegah terjadinya penyakit gondok. Mengapa bisa? Tanpa jumlah yodium yang cukup, kelenjar tiroid akan membengkak karena permintaan tubuh untuk terus memproduksi hormon tiroid. Pembengkakan kelenjar tiroid berakibat pada perubahan bentuk leher di mana leher akan ikut membengkak atau muncul benjolan.

Selain itu, tubuh membutuhkan hormon tiroid untuk perkembangan otak dan struktur tulang belakang pada perkembangan awal anak. Jika ibu hamil atau menyusui kekurangan yodium, maka keterbelakangan mental pada anak dapat terjadi.

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit
Manfaat garam bagi tubuh yang satu ini sangatlah penting, karena dapat mempertahankan tingkat hidrasi. Apalagi bagi orang yang bekerja di luar ruangan dan yang berolahraga secara teratur, mereka perlu memulihkan kekurangan garam dan air yang terjadi melalui keringat.

Jika keseimbangan elektrolit dalam tubuh terjaga dengan baik, maka fungsi organ manusia juga dapat berjalan baik.

3. Menghalau Terjadinya Hiponatremia
Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuh. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air.

Untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika kebutuhan garam tidak tercukupi, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air di dalam tubuh dan pada akhirnya mengalami pembengkakan karena sel-selnya kelebihan air.

4. Memelihara Kesehatan Mulut
Salah satu khasiat garam adalah untuk menjaga kesehatan mulut. Anda perlu tahu bahwa infeksi bakteri pada mulut dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi.

Untuk mencegah berkembangnya bakteri, berkumurlah menggunakan air garam. Hal ini dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit pada gusi.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Manfaat garam selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Jika sahabat Langit7 sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut.

Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan. Jadi untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan, kegunaan garam amatlah penting.

6. Mencegah IQ rendah
Yodium sangat penting dalam masa perkembangan otak, terutama pada usia 3-5 tahun. Menurut penelitian, mereka yang kekurangan garam beryodium cenderung memiliki IQ yang lebih rendah dibandingkan mereka yang kebutuhan yodiumnya terpenuhi dengan baik.

7. Berperan dalam Sistem Saraf
Sebagai penyedia natrium, garam tidak hanya baik untuk otak, tapi juga otot dan fungsi sistem saraf. Natrium adalah pengatur air dalam tubuh Anda. Hal inilah diperlukan untuk transmisi sinyal listrik dalam tubuh.

Itulah 7 manfaat garam bagi kesehatan. Tapi perlu diingat bahwa konsumsi garam tidak boleh berlebihan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan orang dewasa untuk membatasi konsumsi garam per hari sebanyak 2.000 miligram (mg). Jumlah ini kira-kira sebanyak 1 sendok teh.

Terlalu banyak mengonsumsi garam akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak cairan yang berdampak pada kerja pembuluh darah. Akibatnya bisa terjadi tekanan darah tinggi, stroke, gangguan ginjal dan mempengaruhi kerja jantung di masa depan.

(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan