Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Tips untuk Suami Istri agar Rumah Tangga Tetap Harmonis

Muhajirin Sabtu, 30 Oktober 2021 - 16:04 WIB
Tips untuk Suami Istri agar Rumah Tangga Tetap Harmonis
Romantis hingga usia tua merupakan impian tiap pasangan (foto: langit7.id/istock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - Bagi pasangan yang sudah mengarungi bahtera rumah tangga selama bertahun-tahun, bukan perkara mudah menjaga keharmonisan hubungan. Ada banyak godaan dan cobaan yang menerpa. Pertentangan dan perbedaan pendapat sering terjadi, sehingga tingkat keharmonisan berkurang.

Meski begitu, Dokter Pakar Neuroparenting, Aisah Dahlan, mengungkapkan beberapa cara untuk menjaga pernikahan tetap berjalan harmonis dan romantis. Pertama, berdoa meminta kepada Allah Ta’ala.

Seseorang yang berdoa akan memicu hormon bahagia dan hormon cinta keluar. Itu akan membuat pasangan saling mencintai dan menghormati satu sama lain. Pemahaman dan saling mengerti menjadi poin penting.

“Memahami bahwa ekspresi wajah laki-laki yang biasa saja itu bukan berarti dia tidak cinta. Oh, kalau dia melayani saya beliin barang kebutuhan saya berarti dia sayang banget. Itu yang menambah harmonis keluar lebih banyak,” kata dr Aisah melalui kanal youtube Pecinta dr Aisah Dahlan, dikutip Sabtu (30/10/2021).

Baterai pertama laki-laki bukan waktu yang berkualitas. Maka itu, seorang istri mesti membiarkan suami bekerja sendiri. Namun tetap saling mengirimkan doa. Pada akhirnya itu yang akan membuat hubungan kian indah. Memang terlihat simple, namun itu yang terpenting.

“Kalau startnya, niatnya tidak kita lakukan, maka hancur semua, meskipun ilmu sebanyak apapun kalau kita tidak lurusin kalimat bahwa saya sayang sama suami saya karena Allah, maka itu semua ilmu hanyalah ilmu tidak bisa dipakai,” ucap dr Aisah.

Kedua, menjaga komunitas berjalan baik. Komunikasi menjadi sangat penting dalam menyelesaikan masalah. Termasuk masalah-masalah yang timbul di dalam rumah tangga.

“Cara membangun komunikasi pasutri yang harmonis dengan ngomongin dulu,” katanya. Komunikasi sesama perempuan bisa panjang lebar, namun tidak demikian jika bersama suami. “Jadi komunikasi bersama suami itu harus memahami perbedaan inilah yang nanti menjadi dinamis dan indah,” ucapnya.

Hal terpenting, seorang suami tidak boleh dijatuhkan atau ditegur di depan orang banyak. Itu merupakan pantangan utama bagi laki-laki. Kehormatan laki-laki akan terusik. Tentu itu akan menjadi bibit-bibit ketidakharmonisan.

Ketiga, suami paling suka istri manja dan lemah lembut kepadanya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berperilaku manja dan lembut saat berbicara pada suami. “Suami paling suka cuma berdua suara kita manja dan melengking, karena suami menganggap kita sebagai anak-anak dan harus melindungi,” ucap dr Aisah.

Di sisi lain, dr Aisah mengingatkan, suami jika menggoda suaranya terdengar semakin berat. Sementara suami sangat suka jika suami mendengar suara manja istri dan agak melengking sedikit. Itu yang akan membuat suami lebih peduli kepada istri.

“Bicaralah yang manja, romantis, tidak menatap mata dan duduk di depannya karena sudut mata laki-laki sudut dan panjang,” ucap dr Aisah.

Pria jika mendengar suara wanita lebih rendah akan menggoda alam bawah sadarnya. Sebaliknya, jika wanita berbicara terlalu mandiri dan lantang, pria akan menganggapnya sebagai orang lain. Artinya istri harus melihat situasi dan kondisi. Jika berduaan, maka istri harus berbicara dengan nada manja.

“Yang bikin laki-laki senang sekali menganggap istrinya seorang gadis kecil yang manja, itu karena di dalam otak laki-laki dan perempuan ada yang namanya hipotalamus. Laki-laki hipotalamusnya lebih lebar 2,5 kali,” ucap dr Aisah.

Hipotalamus itu memiliki banyak fungsi. Di antaranya menjaga keamanan. Itu yang membuat suami merasa tidak nyaman jika istri berbicara dengan nada tegas saat di depan suami. Dia dianggap bisa menjaga keamanan sendiri dan tidak membutuhkan kehadiran suami.

“kalau istri terlalu mandiri suaranya, laki-laki ngerasa ‘saya ngapain ngelindungin orang yang mandiri gini’. Itu bawah sadar,” ucap dr Aisah Dahlan.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan