Langit7, Jakarta -  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus melakukan promosi terhadap produk industri nasional. Salah satunya melalui perhelatan Expo 2020 Dubai, di mana berbagai produk industri kecil dan menengah (IKM) yang kompetitif dan inovatif dihadirkan di sana.
Setidaknya, 16 pelaku IKM mendapatkan fasilitas untuk ikut serta dalam pameran bergengsi tersebut. Mereka adalah para peserta program peningkatan kapasitas yang diinisiasi Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin.
“Para pelaku IKM ini berasal dari sektor fesyen dan aksesoris, kosmetik, makanan dan minuman, serta pelaku startup yang menyediakan solusi teknologi bagi IKM. Produk yang ditampilkan sebagian besar memiliki sertifikat halal dan berstandar internasional,” kata Plt. Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita di Jakarta, Senin (1/11).
Baca juga: Produk Unggulan Ekspor Aceh Dapat Atensi di Expo 2020 DubaiReni berharap, partisipasi IKM di Expo 2020 Dubai, memberikan pengalaman tertentu bagi pengunjung terhadal produk Indonesia. Selain itu, membuka peluang IKM untuk memperluas pasar ekspor.
“Kami optimistis, akan ada investor potensial yang tertarik untuk kerja sama dengan pelaku IKM kita melalui forum bisnis yang telah disiapkan,” ungkap Reni.
Baca juga: Hadirkan Parade Seni di Expo 2020 Dubai, Indonesia Tampilkan Ragam Potensi Memikat DuniaLebih lanjut, Indonesia memiliki peluang besar dalam pengembangan industri fesyen muslim karena mayoritas penduduk muslimnya. Juga didukung oleh total konsumsi domestik fesyen muslim yang mencapai USD6 miliar. 
“Kondisi ini yang membuat Indonesia berhasil menjadi negara ketiga terbaik dalam mengembangkan industri fesyen muslimnya, setelah Uni Emirat Arab dan Turki,” ungkap Reni.
(zul)