alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home edukasi & pesantren detail berita
Netiket, 10 Etiket Berselancar di Internet dan Media Sosial
Muhajirin Senin, 10 Januari 2022 - 14:02 WIB
Netiket, 10 Etiket Berselancar di Internet dan Media Sosial
Ilustrasi (foto: langit7.id/istock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Internet maupun media sosial juga mengharuskan penggunanya memiliki etiket. Ada sopan-santun dalam berkomunikasi di dunia maya, terutama untuk menjaga hubungan baik sebagai makhluk sosial.

Di internet, sopan santun macam ini dikenal sebagai netiket (network etiquette atau internet etiquette). Netiket merupakan sopan santun dalam berkomunikasi di internet seperti chatting, menulis status di dunia maya, menulis di blog dan website, dan berkomentar di media online.

Netiket pada dasarnya sama dengan etiket berkomunikasi di dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Ada nilai jujur, menggunakan kata-kata baik (sopan), ramah, serta berbicara jelas dan mudah.

Nah, berikut ini LANGIT7.D telah merangkum 10 netiket seperti dilansir dari laman Verywellmind:

1. Menjadikan Orang Tercinta Sebagai Prioritas

Sibuk dengan gawai masing-masing saat berada dalam satu ruangan keluarga merupakan etiket tak terpuji. Keluarga atau orang tercinta harus menjadi prioritas. Jika ada telepon masuk, jawab singkat saja dan katakan akan menelpon kembali. Itu untuk memprioritaskan orang-orang terdekat kita.

Jika telepon atau pesan yang masuk sangat penting, komunikasikan dengan orang dekat Anda. Minta maaf karena telah menerima dan menjawab pesan tersebut.

Ini juga berlaku saat berada di tempat umum seperti restoran, angkutan umum, toko, lift, dan perpustakaan. Hindari panggilan telepon saat bercakap dengan orang sekitar.

2. Gunakan Bahasa yang Sopan

Tidak perlu menggunakan kata-kata makian saat menulis sesuatu di medsos. Menghindari penyebutan nama tak sopan juga suatu keharusan. Sama halnya tidak boleh mengungkapkan pendapat yang dapat menyinggung perasaan orang lain, meski hanya sebuah status. Bukan hanya mengenai apa yang dikatakan, tapi bagaimana cara menyatakan pendapat itu.

Saat menulis pesan atau status pun, gunakan kalimat yang wajar. Misal menggunakan huruf kapital untuk semua awalan kalimat dan tidak menulis kalimat dalam format huruf kecil semua.

Begitu pun menggunakan kalimat dengan komposisi huruf kapital secara penuh. Itu dianggap sebagai teriakan. Tak lupa sertakan kalimat 'tolong' dan 'terima kasih' sebagaimana mestinya.

3. Membagikan Gambar Status Secara Bijaksana

Saat berselancar di dunia maya, hindari mengirim gambar pornografi, gambar alkohol, hingga narkoba. Jika memiliki masalah dengan atasan di kantor, keluarga, anak--anak, dan orang-orang sekitar lebih baik tak mengunggah di media sosial.

Ini juga berlaku saat bercakap di telepon. Hanya karena tidak melihat orang yang tengah diajak berbicara bukan berarti percakapan itu tidak didengar oleh orang sekitar.

4. Tidak Pilih Kasih

Ini juga penting untuk diperhatikan. Jangan membuat orang lain merasa ditinggalkan dengan mem-posting komentar yang tidak jelas ke status Facebook, forum, atau cerita Instagram Anda.

Jika memiliki lelucon, pastikan lelucon itu untuk semua teman di dunia maya, tak boleh mengecualikan satu orang pun. Rangkul semua orang agar tidak merasa ditinggalkan.

5. Pilih Teman dengan Bijak

Dicoret dari daftar teman seseorang di situs media sosial adalah suatu penghinaan. Jadi, pikirkan sebelum mengirim permintaan pertemanan atau menerima undangan. Jika tidak ingin berhubungan dengan seseorang, Anda tak perlu menambahkan ke daftar pertemanan terlebih dahulu.

Jika ingin tetap berhubungan dengan rekan kerja karena alasan profesional, beritahu mereka bahwa Facebook hanya digunakan untuk persahabatan pribadi saja. Setelah itu, bergabunglah dengan LinkedIn atau situs jejaring profesional lainnya untuk kontak yang lebih jauh.

Pengecualian untuk ini adalah jika memiliki perselisihan dengan seorang teman. Segera unfollow jika perselisihan itu tidak bisa diperbaiki, tapi jangan menyiksa mereka dengan pertemanan yang putus-nyambung.

6. Jangan Mengirim Email Berkas Besar

Seseorang kerap mengirim gambar dengan kualitas penyimpangan yang besar. Gambar itu mungkin menarik untuk kita, tapi bisa menjadi gangguan bagi orang lain, karena memiliki kapasitas penyimpangan yang besar.

Bisa saja file besar itu menghabiskan ruang penyimpanan dan kuota. Maka posting file besar itu ke dalam ruang maya sendiri seperti Google Drive lalu kirimkan link tautan kepada orang-orang.

7. Hormati Privasi Orang

Jangan meneruskan informasi yang dikirimkan kepada Anda tanpa memeriksa dengan pengirim aslinya terlebih dahulu. Gunakan BCC (blind carbon copy) daripada CC (carbon copy) jika mengirim sesuatu ke lebih dari satu orang.

Ada banyak orang yang tak ingin data pribadi seperti alamat email dan nomor telepon tak ingin dipublikasikan ke publik. Prinsip tersebut harus dihormati.

Hal sama berlaku saat mengunggah foto atau video yang menyertakan orang lain ke ruang publik atau mengirimkan ke daftar pribadi. Ingat, jika Anda menandai orang di Facebook, orang lain dapat mengakses gambar orang tersebut, kecuali mereka telah menyesuaikan pengaturan privasi mereka.

Terakhir, jangan mendaftar untuk menerima buletin menggunakan alamat email orang lain.

8. Cek Fakta Sebelum Memposting Ulang

Obat kanker mungkin terdengar cukup mengesankan, tetapi hanya akan membuat kesal jika itu merupakan tipuan. Maka itu, klarifikasi atau pengecekan validitas suatu informasi dari dunia maya mesti dilakukan.

Jangan lupa, banyak virus diedarkan melalui pesan berantai dan undangan untuk mengirim beberapa informasi yang tampaknya relevan kepada sepuluh teman Anda, atau semua orang di kontak Anda. Jadi, jangan naif. Meneruskan pesan tidak akan membawa keberuntungan.

9. Balas Email atau Pesan Sesegera Mungkin

Dengan segala cara, abaikan dan hapus spam, pesan yang tidak diminta, dan hal-hal gila. Namun membalas email atau pesan sesegera mungkin patut untuk diperhatikan. Tidak perlu menyiksa seseorang hanya karena menunggu balasan pesan dari anda.

Bisa saja orang yang mengirim pesan itu mengharapkan balasan sesegera mungkin. Maka ini penting agar hubungan sosial tidak ternoda.

10. Perbarui Informasi Daring

Ini berkaitan dengan kehidupan kantor. Tidak dianjurkan meninggalkan informasi akurat di dalam laman resmi, misalnya durasi jam operasional yang tidak sesuai dengan fakta dan yang tertera di laman resmi kantor. Maka itu, usahakan yang tertera di dinding maya resmi harus akurat dan sesuai fakta.
(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.