alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home lifestyle muslim detail berita
Psikolog: Kenalkan Pubertas Sejak Dini pada Anak
Fifiyanti Abdurahman Kamis, 13 Januari 2022 - 07:07 WIB
Psikolog: Kenalkan Pubertas Sejak Dini pada Anak
Ilustrasi ibu yang mengenalkan tahapan pubertas pada anak gadisnya. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Pubertas merupakan perpindahan atau peralihan dari masa anak-anak menuju masa remaja. Psikolog Anak, Remaja & Keluarga, Jovita Maria Ferliana, M.Psi, mengatakan cara yang tepat untuk mengenalkan kepada anak terkait pubertas yakni dengan menjelaskan secara dini.

"Pubertas itu biasa dialami antara 9-15 tahun, artinya ada yang sudah dimulai sejak usia 9, tapi ada juga di usia 15 baru mulai. Jadi setiap anak itu punya kondisi yang berbeda-beda tentang tingkat kematangan seksualitasnya," katanya Jovita saat dihubungi Langit7, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Psikolog: Punya Anak Remaja, Orang Tua Harus Siap Jadi Ember

Jovi melanjutkan, sebaiknya orang tua memberitahukan kepada anak-anak bahwa mereka akan mengalami perubahan fisik, emosi, dan juga perubahan sosial dalam rangka pubertas saat mencapai usia pra remaja dan remaja.

Pendiri Little Shine Daycare & Preschool ini mengatakan, bahwa fisik yang berubah pada anak laki-laki adalah suara akan jadi lebih berat, tumbuh bulu di area tertentu, tubuh semakin tinggi, dan payudara mulai membesar pada anak perempuan.

Anak-anak yang masuk masa puber juga akan mengalami emosi yang naik turun sehingga mudah tersinggung. Orang tua berperan untuk menjelaskan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dan normal.

Dalam hal perubahan sosial, misalnya anak jadi lebih suka menyendiri tapi ada juga yang tadinya dimasa anak-anak suka menyendiri sekarang berubah jadi lebih suka bergaul. Meski begitu, setiap memiliki perubahan yang berbeda-beda dan itu sesuatu yang normal.

Setelah semua dijelaskan, selanjutnya adalah mengedukasi fungsi seksualitas pada anak.

Baca juga: Cemas pada Remaja Berkali-kali Lipat Dibanding Usia Dewasa

"Ada perubahan secara fisik, emosi, sosial dan kemudian secara seksual. Beritahukan bahwa seksual ini yang berubah apa? Untuk anak laki-laki akan mengalami namanya mimpih basa. Nah, untuk pemberitahuan kepada laki-laki itu yang melakukan ayahnya, karenakan sama-sama cowok. Lalu untuk perempuan, akan mengalami menstruasi dan yang akan menjelaskan tentu ibunya," katanya.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.